Petani milenial asal Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Dwi Cahyono berhasil masuk 50 besar pada final seleksi "Young Ambassador" di IPB International Convetion Center (IPB ICC) Bogor pada 2 sampai 5 Mei 2023.

Di seleksi "Young Ambassador Agriculture" yang diinisiasi  program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS), Dwi beserta pemenang lainnya mendapat penghargaan dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

"Selain penghargaan kami akan mendapat pendampingan dari program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) untuk pengembangan usaha selama satu tahun," jelas Dwi, Jumat.

Selain Dwi, petani milenial asal Kabupaten Tanah Laut, Adam, juga masuk 50.besar Young Ambasador Agriculture 2023.

Berita terkait: Petani milenial Tabalong ikuti final Young Ambasador Agriculture


Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi didampingi Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Dr Idha Widi Arsanti.

Dalam seleksi 50 besar "Young Ambassador" Dwi mempresentasikan profil dan jejaring usaha yang telah dilakukannya selama mengelola usaha pertanian hortikultura.

 "Tim juri juga mempertanyakan jejaring usaha yang sudah kita lakukan di daerah," ungkap pemilik usaha 'Bahuma Farm' di Desa Ribang, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong.

Dwi Cahyono sendiri kini mengelola usaha pertanian hortikultura berupa komoditi cabai dan bawang merah sejak 2016.

Sebagai Ketua Asosiasi Petani Milenial Tabalong yang beranggotakan 200 orang, Dwi berkomitmen menciptakan hasil pertanian yang aman untuk dikonsumsi dan menumbuhkan jiwa entrepreneur ke petani milenial lainnya.

Setelah berhasil masuk 50 besar "Young Ambasador" Dwi optimis melalui pendampingan program YESS satu tahun ke depan menjadi peluang baginya mengembangkan usaha aneka horikultura.

Termasuk bisa mewujudkan petani milenial di kabupaten Tabalong yang dapat menerapkan smart farming.

Berita terkait: Petani Milenial di Tabalong terapkan konsep pertanian cerdas
Berita terkait: Petani milenial Tabalong ikuti seleksi "Young Ambassador" Program YESS 2023
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023