Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) meraih juara umum dalam penghargaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024.

"Kita merasa bersyukur dan bangga HSS telah meraih juara umum, dan mengharapkan bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan untuk ke depannya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H Muhammad Noor di Gedung Idham Chalid, Perkantoran Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Kamis.

Ini berkat kerja keras semua pihak, sehingga bisa mempersembahkan yang terbaik untuk HSS, ujar M Noor seraya mengucapkan selamat kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama Kepala Bapelitbangda yang menjadi motor penggeraknya.

Baca juga: DPRD HSS apresiasi prestasi Pemkab dan sinergitas

Kepala Bappelitbangda, M. Arliyan Syahrial, mengatakan pencapaian ini merupakan hasil dari mempedomani apa yang diinstruksikan oleh pimpinan daerah selama ini yakni bekerjalah dengan seharusnya, bukan kerja seadanya.

"Ini kita kolaborasikan dalam bentuk intervensi masing-masing perangkat daerah, yang bekerjasama antarmasing masing pusat, sehingga menghasilkan daya dobrak yang lebih baik dibandingkan bekerja sendiri-sendiri," jelas Arliyan.

Adapun penghargaan yang diraih Pemkab HSS dari Pemprov Kalsel meliputi berbagai kategori, antara lain  kinerja terbaik kluster edukasi perilaku hidup sehat dan sekaligus juara umum kategori pelaksanaan Germas 2022.

Terbaik satu kategori Pelaksanaan Pembangunan Daerah (PDD) 2023, terbaik satu penilaian kinerja dalam pelaksanaan delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting 2022, Periode Penilaian Tahun 2021.

Sekaligus terbaik kategori Entry Data ePPGBM penilaian kinerja, dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting tahun 2022.

Baca juga: Mampu atasi COVID-19, Pemkab HSS raih PKKM Award

Sejumlah penghargaan dari Pemprov Kalsel tersebut diserahkan langsung Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, yang akrab disapa Paman Birin, kepada Sekda HSS.

Sebelumnya, Paman Birin berharap agar jajaran SKPD di lingkungan pemprov, kabupaten, dan kota, agar dalam penyusunan program pembangunan memperhatikan arah kebijakan, dan prioritas pembangunan yang ingin diwujudkan.

"Mari kita hadirkan program dan kegiatan pembangunan yang berorientasi pada kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," ucap Paman Birin.

Adapun musrenbang digelar dengan maksud memperoleh saran dan masukan dari seluruh stakeholder pembangunan yang ada di Provinsi Kalsel terhadap RKPD 2024, agar rancangan RKPD dapat disempurnakan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023