Ketua DPRD Hulu Sungai Selatan H Akhmad Fahmi mengapresiasi atas prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat selama tahun 2022.

Ia mengatakan, banyak prestasi yang diraih Bupati HSS, H Achmad Fikry beserta jajaran, bahkan selama menjelang berakhirnya masa jabatan bersama Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad.

"Di tahun terakhir kepemimpinan Bupati HSS, mudah-mudahan sinergitas yang selama ini berjalan sangat baik dapat kita teruskan," katanya, saat memberikan keterangan usai rapat paripurna tingkat I masa sidang I, penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2022, di Ruang Rapat DPRD, Kandangan, Senin.

Dijelaskan dia, terkait LKPj pihaknya akan mempelajari secara internal yang telah disampaikan kepala daerah, dan pihak eksekutif akan melaporkan lagi rancangan pertanggung jawaban keuangan daerah setelah proses audit dari BPK selesai.

Sebelumnya, Bupati HSS, H Achmad Fikry dalam pidato pengantar LKPj tahun 2022, menyampaikan beberapa pencapaian keberhasilan pembangunan selama periode tahun 2022.

Baca juga: Sekda HSS tekankan rapat forum perangkat daerah pertajam program

Pencapaian tersebut antara lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) HSS tahun 2022 mengalami pertumbuhan dari tahun 2021, Angka Harapan Hidup (AHH) tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun 2021.

Begitupun Angka Rata-Rata Lama Sekolah HSS tahun 2022 mengalami peningkatan dari tahun 2021, sementara Angka Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio) HSS tahun 2022 terjadi penurunan.

Dan pada tahun 2022 Pemkab HSS juga memperoleh beberapa penghargaan tingkat nasional dan tingkat provinsi di berbagai bidang.

Di antaranya, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-9 dari BPK RI, atas pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 yang diterima pada Tahun 2022.

Kemudian, BKN Award 2022 oleh Badan Kepegawaian Negara, penghargaan dengan Predikat A untuk SAKIP dan B untuk RB dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Penghargaan Pembina Kampung Iklim dan Penghargaan Sertifikat Kampung Iklim Utama Pemkab HSS, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Penghargaan Khusus Penanggulangan Kemiskinan pada Masa Pandemi COVID-19 dari Kementerian PPN/Bappenas, Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo kepada Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Ketua Tim Penggerak PKK HSS.

Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri atas kinerja 8 aksi konvergensi penurunan stunting, Penghargaan Penganugerahan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (P4) Ke-4 dari KemenPAN RB.

Baca juga: DPRD ingin perpustakaan HSS jadi tolok ukur layanan regional Kalimantan

Selanjutnya, Kabupaten HSS menerima Penghargaan Sebagai Juara 1 kabupaten atau kota terbaik tingkat Nasional kelompok target pelayanan KB 500 -1500 akseptor oleh Kepala BKKBN.

Dan piagam penghargaan Anugerah Tanda Mata atas partisipasi dan Kontribusi pengembangan dan kebijaksanaan positif bagi pendidikan Agama Islam di Sekolah oleh Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

"Terima kasih kami kepada Ketua DPRD, Wakil DPRD, serta anggota DPRD yang telah mengagendakan penyampaian LKPj hari ini," katanya.

Dan apa yang telah dicapai dan belum tercapai, bagaimanapun membangun banyak faktor yang mempengaruhi, baik internal maupun eksternal.

Pihaknya berharap apa yang telah dicapai merupakan keberhasilan bersama, dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023