Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Ahmad Alim Bachri menyatakan berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan untuk mempertahankan Akreditasi A (Unggul) yang diperoleh institusi pada 2019 lalu.

"Penting bagi perguruan tinggi untuk menjaga dan terus meningkatkan mutu, ini menjadi komitmen ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik dan terbesar di Kalimantan agar mempertahankan Akreditasi Unggul," kata Alim di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Baca juga: ULM wacanakan pembebasan skripsi bagi mahasiswa berprestasi nasional

Alim juga mendorong strategi dan perbaikan berkelanjutan untuk mendapat mutu terbaik pada tingkat universitas hingga program studi yang meliputi berbagai aspek berdasarkan sistem.

“Perlu adanya kerja keras dan kerja cerdas serta sinergitas yang kuat seluruh civitas akademika dalam hal mencapai akreditasi terbaik," tutur Alim.

Alim optimis masa berlaku Akreditasi A untuk ULM yang berakhir 19 Maret 2024 mendatang dapat kembali ditetapkan Unggul oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk lima tahun berikutnya.

Alim berkaca dari seluruh kriteria mutu yang bisa dipenuhi ULM dari Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi untuk mendapatkan nilai Akreditasi Unggul.

Baca juga: Rektor ULM lantik tiga Wakil Dekan Fakultas Teknik

Terlebih, Alim menyebutkan ULM telah ditetapkan masuk klaster mandiri alias terbaik bersama 40 perguruan tinggi top Indonesia dalam klaster perguruan tinggi pada 2023 yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Kemudian, saat ini ULM memiliki 73 guru besar yang menjadi terbanyak di antara perguruan tinggi se-Pulau Kalimantan.

Bahkan Rektor ULM menargetkan minimal 100 hingga 150 guru besar yang diharapkan bisa terwujud dalam waktu segera.

Alim menyebut target tersebut realistis jika melihat dari 360 dosen bergelar doktor dan sebagian sudah meraih jabatan Lektor Kepala sebagai pintu gerbang untuk menjadi guru besar.

ULM juga terus menambah program studi baru baik Program Sarjana (S1), Magister (S2) maupun Program Doktor (S3).

Baca juga: Kalsel kemarin, dari ULM dorong anggota Polda Kalsel studi lanjut hingga 490 nakes tangani stunting

Seperti tahun ini, Prodi Rekayasa Geologi dan Rekayasa Elektro Fakultas Teknik untuk penerimaan calon mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024.

Sedangkan, tiga Program S3, yaitu Administrasi Pendidikan, Bahasa Indonesia, dan Pendidikan IPS sudah tahap pengusulan yang nantinya melengkapi enam Program Doktor saat ini, yakni Ilmu Pertanian, Studi Pembangunan, Ilmu Lingkungan, Ilmu Kedokteran, Hukum dan Ilmu Manajemen.

Alim menyatakan optimalisasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi terus didorong khususnya peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar kontribusi akademisi ULM dapat dirasakan oleh masyarakat luas mendukung pembangunan daerah dan nasional.

Baca juga: ULM tambah 101 dosen dan tenaga kependidikan

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023