Sekretaris Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan  H Suripno Sumas berpendapat, pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) di provinsinya juga perlu Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila.

"Apalagi pensiunan sebagai abdi negara perlu menyegarkan kembali ingatan dan pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila," ujar Suripno saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Selasa 

Pensiunan Departemen Perhubungan (Dephub) itu mengharapkan atau mengajak sesama rekannya agar memiliki jiwa serta semangat sebagai abdi negara, walaupun sudah pensiun.

"Yang tidak penting, walau sudah pensiun sebagai PNS harus tetap mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila supaya tidak mudah terpengaruh radikalisme atau paham lain yang bertentangan dengan Pancasila," demikian Suripno Sumas.

Sementara Komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Kalsel Nurkhozin Fahmi selaku narasumber mengatakan, salam pada penghujung shalat bagi kaum Muslim itu hakekatnya menebar keselamatan, perdamaian dan kesejahteraan.

"Keselamatan, perdamaian dan kesejahteraan itu nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," ujar narasumber yang akrab dengan sapaan "Utuh Kurihing" (Utuh = panggilan kesayangan terhadap anak laki-laki, kurihing = senyum) tersebut.

Pada tersebut, dia mengajak kaum Muslim agar tidak mempertentangkan Pancasila dengan Islam, tapi carilah persamaan.

"Dengan mencari persamaan, insya Allah akan tetap terjaga keselamatan, perdamaian dan kesejahteraan," demikian Utuh Kurihing.

Peserta sosialisasi tersebut kali ini para pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Dephub yang kini berubah menjadi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia.

Usai sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila yang berlangsung di Restoran Terapung - Sungai Martapura Banjarmasin itu, selain temu nostalgia, juga peringatan Milad ke-73 H Suripno Sumas dengan didampingi istri Hj Anni Hanisyah ditandai pemotongan kue ulang tahun antara lain dari kelompok wartawan.

Kemudian pembagian "door prize" dari yang berulang tahun bersama keluarga kepada mereka yang beruntung dan kebetulan sebagai peraih para pensiunan PNS Dephub Kalsel.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023