Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarmasin, Kalsel melakukan antisipasi kerawanan pelanggaran oleh partai politik dalam proses pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024.

Untuk memantapkan perangkat dan SDM pengawasan Pemilu hingga ke tingkat kecamatan terkait itu, Bawaslu Banjarmasin menggelar kegiatan fasilitasi penanganan pelanggaran pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024 dari 5--6 November 2022 di Hotel G'sign Banjarmasin.

"Kita undangan seluruh anggota Panwascam, KPU kota dan mahasiswa pemerhati Pemilu 2024," ujar Ketua Bawaslu Kota Banjarmasin HM Yasar di Banjarmasin, Sabtu.

Menurut dia, koordinasi ini harus dilakukan karena kedepannya dalam tahapan-tahapan Pemilu 2024 ini terlihat potensi banyak kerawanan-kerawanan harus diantisipasi bersama.

"Seperti dari tanggal 5 sampai 9 November ini harapan kita tidak ada bergening-bergening apapun dari hasil verifikasi faktual yang sudah dilakukan pada partai politik," ujarnya.

Karena, kata dia, jika partai politik secara jelas tidak bisa menghadirkan anggotanya pada verifikasi, maka harus sesuai aturan ditetapkan tidak memenuhi syarat.

"Bahkan saat dihubungi melalui vidio call," ucapnya.

Langkah tegas seperti ini harus dilakukan pengawas maupun penyelenggaraan Pemilu secara kompak, kata Yasar, sehingga jika ada gugatan bisa dihadapi bersama.

"Ke depan ini atau setelah tanggal 10 November 2022 masih ada tahapan perbaikan bagi Parpol, koordinasi juga kita lakukan dengan KPU hingga bisa berjalan lancar," ucapnya.
Bawaslu Banjarmasin gelar kegiatan fasilitasi penanganan pelanggaran pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024 dari 5--6 November 2022 di Hotel G'sign Banjarmasin.(ANTARA/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022