Khatib H Jazuli mengajak kaum Muslim menyambut kedatangan jemaah haji dengan doa, semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya serta mendapatkan haji mabrur.

Ajakan itu, terutama kepada jemaah di Masjid Su'ada, Desa Aluan Mati, Kecamatan Batu Benawa (pinggiran Pegunungan Meratus), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) sebelum shalat Jumat (22/7/22).

"Mendoakan orang datang dari melaksanakan ibadah haji sesuai Sunnah Rasulullah," kutip khatib yang keluaran Hadramaut Yaman tersebut.

"Begitu pula kita harapkan, orang-orang sepulang melaksanakan ibadah haji/setiba di kampung halaman mendoakan untuk masa depan lebih baik. Karena orang yang baru datang melaksanakan ibadah haji doanya Allah kabulkan," lanjutnya.

Menurut dia, saling mendoakan kebaikan merupakan ibadah, sebagaimana hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

Sebelumnya ustadz muda tersebut tidak lupa mengajak kaum Muslim agar terus berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu WaTaala.

"Sebab dengan berbekal iman dan taqwa untuk kehidupan yang lebih baik, terutama di alam akhirat kelak," demikian Jazuli.

Sebagai catatan warga Desa Aluan Sumur/Aluan Mati hingga kini, sudah ada empat orang keluaran Hadramaut Yaman dalam menggali ilmu keislaman.

Desa Aluan Sumur dan Desa Aluan Mati (d/h Desa Aluan Sumur) itu sendiri terdapat dua lembaga pendidikan Islam swasta yaitu Madrasah Immaaduddin (tiang agama) serta Pondok Pesantren Hidayatul Qur'an.

"Bumi Murakata" HST dengan ibukotanya Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin) dan Desa Aluan Mati berjarak sekitar tujuh kilometer dari ibukota kabupaten tersebut.
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022