Ketua Panitia Khusus atau Pansus I DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Haryanto SE mengharapkan, Kerukunan umat beragama di provinsinya ke depan lebih baik lagi.

Harapan itu usai memimpin rapat Pansusnya bersama instansi terkait jajaran pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel serta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) provinsi tersebut di Banjarmasin, Kamis (7/4/22) siang.

Pasalnya dari hasil survei/penelitian Indeks Kerukunan Kehidupan Beragam di Kalsel masih kurang menggembirakan, ujar wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS)  itu.

"Namun situasi dan kondisi di permukaan kerukunan kehidupan beragama tampak aman-aman saja,' lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin tersebut.

Pansus I DPRD Kalsel membahas Raperda tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat di provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa dengan mayoritas Muslim tersebar pada 13 kabupaten/kota.

"Oleh sebab itu, dengan keberadaan Perda tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat nanti, toleransi kehidupan bermasyarakat, dalam hal ini termasuk kerukunan kehidupan beragama di Kalsel semakin baik," harapnya.

"Kemudian daripada itu, dengan semakin membaik toleransi kehidupan bermasyarakat dan atau kerukunan kehidupan beragama, Indeks Kerukunan Kehidupan Beragam di Kalsel meningkatkan," demikian Haryanto.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022