Evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi instansi pemerintah tingkat provinsi, kabupaten dan kota 2021 rampung, hasilnya diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada SAKIP RB Award 2021.

Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mampu meningkatkan predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) menjadi Predikat A dan RB dengan Predikat B.

"Atas nama pribadi dan mewakili Pemerintah Kabupaten HSS merasa bersyukur, terhormat dan bangga, bisa mendapatkan SAKIP predikat A," kata Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, usai menerima penghargaan di The Tribarata Darmawangsa Jakarta, Selasa (5/4).

Dijelaskan dia, sering pihaknya sampaikan bahwa penghargaan bukan tujuan semata, tapi ini pertanda bahwa telah melangkah ke arah yang benar.

Baca juga: Penghargaan PLN untuk komitmen dan konsistensi pembayaran Pemkab HSS

Apa yang ditarget dalam RPJMD di akhir masa bakti akan di pertanggungjawabkan, artinya dengan nilai ini apa yang diprogramkan dengan dana yang dikeluarkan tidak sekadar melaksanakan program. Namun hasilnya menunjukkan korelasi yang kuat, karena hakekatnya apa yang di kerjakan harus berorientasi pada hasil dan manfaat untuk masyarakat.

"Sebaik apapun program, kalau dampak dan hasilnya tidak dapat dirasakan masyarakat tentu tidak bernilai apa-apa," katanya.

Menurut dia, keselarasan kolaborasi antar urusan atau perangkat daerah yang menghantarkan pada predikat A, walaupun di tengah anggaran yang terbatas, tapi tidak serta merta menurunkan target-target kinerja.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan motivasi dari Bupati HSS H Achmad Fikry, Sekda HSS H M Noor dan semua pihak yang terkait, terutama Bappelitbangda dan Inspektorat dalam mengawal program-program HSS, sehingga mencapai hasil yang terbaik.

Baca juga: Kabupaten terinovatif, tiga tahun berturut-turut HSS raih penghargaan IGA
.
"Kerja-kerja kita tentu belum selesai, tidak puas dengan apa yang kita dapat sekarang. Kita harus terus belajar berbenah dan berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi HSS yang kita cintai ini," katanya.

Kepala Bappelitbangda, M. Arliyan Syahrial mengatakan sebesar Rp400 miliar bisa di-refocussing terhadap program kegiatan. Walaupun di masa pandemi target tidak dikurangi, tapi mengefektifkan dana yang ada untuk berorientasi pada hasil.

HSS merupakan satu-satunya kabupaten dari Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapat penghargaan predikat A dari KemenpanRB, untuk kategori SAKIP kota dan kabupaten.

"Peningkatan SAKIP dari BB pada tahun lalu menjadi A pada tahun ini membuktikan bahwa Pemkab HSS mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran," katanya, yang berhadir bersama Inspektorat HSS, Rusmajaya.

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022