Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali meraih penghargaan membanggakan di tingkat Nasional, di mana Kab. HSS pada tahun ini kembali masuk dalam 10 besar kabupaten terinovatif di Indonesia pada ajang Innovative Government Award (IGA).

Raihan penghargaan ini bukan kali pertama, melainkan Kabupaten HSS telah meraih penghargaan IGA dari Kemendagri tersebut selama tiga tahun berturut-turut, sebagai kabupaten terinovatif dari tahun 2019, 2020 dan 2021.

"Kita bersyukur HSS kembali termasuk 10 besar Kabupaten terinovatif se Indonesia, walaupun pada tahun ini cukup berat karena diikuti kurang lebih 519 pemerintah daerah, namun HSS mampu menunjukkan ke konsistennya sebagai Kabupaten terinovatif," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry, Rabu (29/12) kemarin.

Dijelaskan dia, tentunya menjadi penghargaan ini menjadi penyemangat untuk bersama ke depan supaya dapat lebih baik lagi, selain bersyukur kepada Allah bahwa kerja keras kawan-kawan OPD dihargai oleh Kemendagri.

Baca juga: Kabupaten HSS raih piagam penghargaan pembangunan daerah terbaik 2021

Ia sangat berharap capaian ini dapat menjadi penyemangat semua pihak untuk lebih berinovasi lagi memasuki tahun 2022 nantinya, juga dengan harapan HSS tetap berada di 10 besar Kabupaten terinovatif se Indonesia.

Selain menerima penghargaan, diserahkan pula reward berupa insentif daerah yang mana dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan masyarakat, sehingga penghargaan yang diraih ini harus menjadi pendorong semangat para jajaran pemerintah daerah HSS untuk terus berinovasi.

"Selamat untuk semua OPD dan semua masyarakat HSS. Berbahagialah kita sekarang karena masuk 10 besar di Indonesia untuk yang ketiga kalinya," katanya.

Penilaian IGA sendiri tidak terlepas dari upaya pemerintah daerah HSS dalam hal ini juga menjawab tantangan di masa pandemi COVID-19 dengan meluncurkan berbagai macam inovasi, yang dalam penerapannya sudah tentu mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik dan lebih efektif.

IGA adalah penilaian dan penghargaan tahunan dari pemerintah pusat yang diberikan kepada pemerintah daerah, atas keberhasilannya dalam melakukan inovasi daerah di bidang Peningkatan layanan publik, Tata kelola pemerintahan, dan Pembangunan di daerah.

Penyerahan penghargaan ini dihadir secara daring Bupati HSS dari Ruang Media Center Setda HSS, penghargaan ini diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), H. Muhammad Tito Karnavian, yang kegiatannya berpusat di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri Jakarta Pusat.

Baca juga: "Satu NIK" inovasi unggulan HSS dalam paparan IGA 2021

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo, melaporkan jumlah inovasi dan partisipasi pada tahun ini sangat meningkat.

"Tercatat diikuti sebanyak 519 pemerintah daerah dengan inovasi sebanyak 25.124. Proses seleksi terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya penjaringan, pengukuran, dan penilaian," katanya.

Dari proses tersebut yang dilakukan teresbut, kemudian didapatlah 31 pemerintah daerah dengan kategori terinovatif, dan 14 pemerintah daerah dengan kategori sangat inovatif.

Menteri Dalam Negeri RI, H. Muhammad Tito Karnavian, mengatakan setiap inovasi bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, dan pemimpin yang konseptual dan inovatif menjadi kunci keberhasilan daerah tersebut menjadi mandiri dan dapat mensejahterakan rakyatnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021