Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan (Kajati Kalsel) Dr Mukri berkomitmen memperkuat sinergitas kelembagaan dalam bingkai forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda).

"Sebagai mitra kerja dan koordinasi hubungan antar lembaga, saya harus memperkuat sinergitas forkopimda dalam kesuksesan pelaksanaan tugas masing-masing untuk mengawal daerah," terang dia di Banjarmasin, Senin.

Mewujudkan komitmen tersebut, Mukri pun langsung bersilaturahmi ke unsur forkopimda pada hari pertama dia bertugas.

Di antaranya menyambangi Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito.

Mukri menyebut forkopimda sebagai mitra kerja dan koordinasi hubungan antar lembaga tak bisa jalan sendiri-sendiri. Namun harus saling melangkah bersama dalam membangun daerah Kalimantan Selatan yang lebih aman kondusif bagi kesejahteraan masyarakat.

Apalagi menjaga kondusifitas daerah adalah prioritasnya di tengah pelaksanaan penegakan hukum yang tentunya juga berjalan.

"Ingat, nomor satu itu menjaga situasi tetap aman dan kondusif. Ini yang saya tekankan kepada jajaran dalam bertindak," tegasnya.
Kajati Kalsel Dr Mukri bertemu Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito. (ANTARA/Firman)


Mukri yang pernah menjabat Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung baru saja dilantik Jaksa Agung Republik Indonesia Burhanuddin sebagai Kajati Kalsel. Dia menggantikan Rudi Prabowo Aji yang pensiun Desember 2021 lalu.

Sementara Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto menyatakan hubungan antar unsur penegak hukum di daerah itu sudah sangat harmonis sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan baik.

"Polri dan jaksa tidak bisa dipisahkan dalam sistem penegakan hukum, makanya harus terus sinergi dan solid demi terciptanya rasa keadilan di masyarakat," tuturnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022