Sekitar 300 siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti pemaparan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), H. Muhammad Tambrin dalam rangkaian kegiatan roadshow moderasi beragama bagi peserta didik di Madrasah.

Ia mengatakan, moderasi beragama merupakan cara pandang atau cara sikap dalam menghadapi suatu perbedaan, baik itu perbedaan agama, suku, bahasa, dan lainnya.

Baca juga: Bupati HSS pimpin peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama

“Moderasi beragama adalah kemajemukan berbagai suku, bahasa, agama di Indonesia tetap dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” katanya, dalam keterangan, di Kandangan, beberapa waktu lalu.

Pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada Kemenag Kabupaten HSS juga kepada pihak MTsN 1, atas respon baik karena telah mempersiapkan kegiatan roadshow ini,  dan ini adalah kali pertama diselenggarakan di daerah.

Dan Ini menunjukkan bahwa Kementerian Agama siap mensukseskan dan mengawal moderisasi beragama untuk NKRI yang damai, serta diharapkan melalui kegiatan ini bermanfaat bagi semua pihak.

Baca juga: Sempat terhenti karena pandemi, haflah Al Qur'an IPQAH HSS kembali dilaksanakan

Sebelumnya, kegiatan diawali dengan sambutan persembahan dari Sanggar Seni MTsN 1 HSS yang membawakan Tari Diang Kibas, dilanjutkan dengan pembacaan Al Qur'an oleh Qori, Rizky Fauzan.

Turut hadir, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel, Hj. Halimatussa'diyah, Kepala Kantor Kemenag HSS, H. Muhammad Yamani beserta jajaran, juga beberapa orang pejabat dari Kantor wilayah Kemenag Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022