Indahnya Masjid Al-Falah Gambah Dalam menjadi saksi, kembali dimulainya acara Haflah Al Qur'an, sebuah kegiatan yang selama ini rutin dilaksanakan Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Qari/ Qari'ah dan Hafidz/ Hafidzah (PD-IPQAH) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Acara kali ini merupakan kali pertama dilaksanakan, sejak terhenti akibat pandemi COVID-19,  Bupati HSS, H. Achmad Fikry, turut menghadiri kegiatan ini beserta Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, , Sekretaris Daerah, Muhammad Noor, dan juga Kepala Kementerian Agama Kabupaten HSS, H Muhammad Yamani.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS yang telah mendukung kegiatan ini selama ini, kami sangat bersyukur acara ini bisa kembali kita laksanakan, dan ini tak lepas dari dukungan Pemkab HSS," kata Ketua PD-IPQAH HSS, H. Jalaluddin, Selasa (23/11) malam.

Baca juga: 14 peserta dari HSS ikuti MTQ suara emas ke-4 tingkat provinsi

Dijelaskan dia, rasa terima kasih ini disampaikan kepada pemerintah daerah, khususnya Bupati HSS dan jajaran, yang selalu mendukung kegiatan ini dari dulu sampai sekarang. Ke depan dijadwalkan acara serupa akan terus diselenggarakan dua bulan sekali.

Bupati HSS, H. Achmad Fikry, mengatakan memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan kegiatan ini, untuk selanjutnya diteruskan saja kegiatan ini dan jangan berhenti lagi, karena acara Haflah Al-Qur'an seperti ini sangat bermanfaat untuk membumikan nilai-nilai Al-Qur'an di daerah.

Sebuah upaya untuk mencetak kader-kader baru di HSS, kalau diperlukan Pendopo Kabupaten dapat digunakan sebagai tempat pelaksanaan, seandainya belum dapat tempat untuk penyelenggaraan berikutnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus Masjid Al-Falah, khususnya TGH. Asnawi Shihabuddin, yang telah menyediakan tempat sebagai pelaksaan pertama Haflah Al-Qur'an kali ini, serta atas partisipasi dalam memfasilitasi pelaksanaan vaksin COVID-19 beberapa waktu sebelumnya untuk masyarakat Gambah Dalam.

Baca juga: IPQAH HSS Gelar Shalat Hajat Dan Lailatul Qiraah

"Diharapkan pula dengan kesucian dan berkah Al-Qur'an bisa menjadikan segala bentuk musibah yang melanda saat ini, akan segera diangkat oleh Allah SWT," katanya.

Bertindak sebagai tamu kehormatan, Haflah Al-Qur'an diawali Kepala Kementerian Agama Kabupaten HSS yang baru menjabat, yakni H. Muhammad Yamani, yang ternyata juga adalah seorang qari dengan suara merdu, diteruskan Musti'ana Aisyi salah seorang qari'ah muda terbaik HSS dan diakhiri dengan Trio Qari Kamaruddin dan kawan-kawan.

Dalam kegiatan ini diserahkan Mushaf Al-Qur'an kepada Ketua Pengurus Masjid Al-Falah, TGH. Asnawi Shihabuddin oleh Bupati HSS, turut pula diserahkan pula bonus bagi para qari dan qariah Kafilah HSS yang meraih prestasi pada MTQ Nasional ke-33, Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten Tanah Bumbu, beberapa waktu lalu.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021