Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke–76 tingkat Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS)  pada tahun ini dipimpin Bupati HSS, H. Achmad Fikry, bertempat di halaman kantor kemenag setempat.

Bupati HSS didampingi oleh Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, dan Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, H. Muhammad Yamanimembacakan amanat tertulis dari Menteri Agama Republik Indonesia, H. Yaqut Cholil Qoumas, dalam rangka peringatan HAB dengan tema "Transformasi Layanan Umat".

"Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya," kata bupati, Senin (3/1).

Dijelaskan dia, hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Baca juga: Sempat terhenti karena pandemi, haflah Al Qur'an IPQAH HSS kembali dilaksanakan

Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021. Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada segenap Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama yang selama ini telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat, kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama.

Peringatan HAB Ke-76 tahun 2022 di HSS ini turut ditandai dengan penyerahan anugerah Satya Lancana dari pemerintah kepada ASN yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 Tahun pada Kementerian Agama, serta ditandatanganinya prasasti peresmian Mushola Al-Iklas, di lingkungan Kantor Kemenag HSS oleh Bupati HSS.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama, dari 79 Satuan Kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan. Semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan, sebagai bagian dari korps Kementerian Agama," katanya.

Bupati menyatakan sangat mengapresiasi dengan Tema HAB ke-76 tahun ini, yaitu "Transformasi Layanan Umat", dan berharap dapat diorientasikan oleh kawan-kawan Kementerian Agama HSS.

Baca juga: HM Yamani gantikan H Saribuddin pimpin Kantor Kemenag HSS

"Kami mengucapkan terimakasih karena selama ini sinegritas antara Kemenag dan pemerintah daerah sangat kuat sekali, diharapkan dapat terus dilanjutkan ke depannya," katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, H. Muhammad Yamani, mengatakan Kementrian Agama secara serius akan memberikan pelayanan yang prima dan menjadi payung peneduh kepada masyarakat.

"Insya Allah untuk ke depannya sesuai dengan Visi Misi Kementrian Agama yang baru, pertama kami akan mensosialisasikan dan melaksanakan moderasi beragama. Lalu menjadi pilot zona integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bersih Melayani," katanya.

Peringatan ini diikuti oleh seluruh Keluarga Besar Kemenag HSS, baik yang hadir secara langsung maupun yang menyaksikan melalui aplikasi virtual. Pelaksanaan kegiatan tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan ketat, dan prinsip-prinsip kesederhanaan dan kekhidmatan.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022