Banjarmasin,(AntaranewsKalsel) - Operasional kendaraan angkutan umum antarkota dalam provinsi di Kalimantan Selatan yang disebut "taksi", khususnya untuk jurusan Banjarmasin - daerah hulu sungai atau "Banua Anam" bertepatan Hari Ulang Tahun ke-70 Kemerdekaan RI, Senin, terlihat sepi.


Sebagaimana terlihat sejak Senin dini hari, beberapa warga yang hendak ke daerah hulu sungai menunggu sejak pukul 04.00 Wita sampai waktu shalat subuh jam 05.10 Wita hanya ada satu mobil angkutan penumpang umum yang lewat.

  "Biasanya `jam-jam segini` (waktu seperti ini) ada beberapa taksi tujuan hulu sungai yang berangkat dari Banjarmasin," ujar Linda, yang hendak ke Kandangan (135 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel.

  Begitu pula penuturan Asti yang juga hendak ke "kota dodol" Kandangan, mobil taksi langganannya tidak berangkat atau mengangkut penumpang umum ke daerah hulu sungai itu, karena mereka memilih istirahat bertepatan libur 17 Agustus 2015.

  "Aku `kada mudik` (maksudnya tidak berangkat ke hulu sungai)," ujar paman Undul, salah seorang sopir angkutan penumpang umum jurusan Banjarmasin - daerah hulu sungai, dikutip ibu dari satu anak itu.

  Menurut Asti, bukan hanya paman Undul, tapi beberapa sopir "taksi" hulu sungai langganan dia juga tidak "mudik". Salah alasan mereka untuk merayakan tujuhbelasan (HUT Kemerdekaan RI).
 Walau tak banyak kendaraan angkutan penumpang umum yang mudik ke hulu sungai, tapi tarifnya tidak mengalami kenaikan atau tetap seperti keadaan hari-hari biasa, yakni jurusan Banjarmasin-Kandangan Rp45.000/orang dewasa.

Dalam suasana peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan RI di Banjarmasin, arus lalu lintas pada pagi hari tidak sepadat atau seramai hari-hari biasanya.


Kendaraan bermotor hanya terlihat bagi mereka ikut apel untuk mengenang detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus pada 70 tahun lalu.


Di "kota seribu sungai" Banjarmasin semua instansi pemerintah, baik tingkat Provinsi Kalsel maupun kota setempat menggelar upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman kantor masing-masing terlebih dahulu, kemudian gabungan.


 Begitu pula sekolah-sekolah di kota seribu sungai tersebut dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) melaksanakan apel peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Pewarta: Syamsudin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015