Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad, memberikan pembekalan dengan nara sumber Diklat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019.

Para peserta Diklat angkatan I golongan III yang mengikuti kegiatan ini, dibekali tentang sikap dan perilaku bela negara dalam wawasan kebangsaan, di Gedung BKD II, Kandangan.

"Selamat atas kelulusan yang diraih dalam mengikuti seleksi CPNS ini, yang tidak semuan orang mampu, mari bersyukur karena dari ribuan peserta anda-andalah terbaik yang terpilih," katanya, dalam materi, Senin (18/10) kemarin.

Ia juga lebih banyak berbagi pengalaman kepada para peserta, di mana dirinya pernah pula ikut mendaftar sebagai CPNS, namun hasilnya tidak lulus.

Sejak itulah dirinya berupaya dan bertekad menyusun strategi untuk pengembangan diri dengan pola yang berbeda, di mana akhirnya dengan kehendak Allah SWT bisa meraih keberuntungan lain.

Walaupun tidak lulus menjadi PNS, namun peruntungan tersebut mengantarkan dirinya menjadi anggota DPRD, Ketua DPRD dan Wakil Bupati HSS sekarang ini.

"Semua pada hakikatnya harus kita ingat sebagai sebuah keberuntungan, agar diri kita tidak mudah menjadi sombong," katanya.

Menurut dia, di luar sana mungkin masih banyak yang lebih baik, namun mereka belum beruntung saja. Dan setiap apa yang dilakukan juga sangat tergantung dari niatnya.

Itulah kemudian yang memegang peranan penting dalam membentuk karakter kita di masa-masa mendatang, apalagi mendapatkan amanah sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN).

Ia mengungkapkan, rahasia mengapa dirinya bisa seperti saat ini, tak lepas karena dirinya sangat cinta dan menghormati para guru, bakti kepada kedua orang tua dan baik dengan kawan dan lingkungan.

Para peserta diklat diminta tidak mudah sombong, hanya karena telah lulus CPNS. Tetap jaga sikap kepada tetangga dan lingkungan agar keberkahan selalu beserta kita.

"Ilmu yang dimiliki harus diterapkan dan ditunjang dengan adab yang baik, karena sejarah telah membuktikan, betapa banyak orang yang jatuh akibat kesombongan," katanya.

Tak lupa, ia berpesan dalam dunia globalisasi informasi sekarang ini, para peserta diklat semua untuk selalu bisa bijak dalam bermedia sosial, karena ini akan menjadi cerminan diri dan gambaran karakter di tengah-tengah publik.

Baca juga: Bupati HSS buka latsar CNPS tahun 2021

Baca juga: Bupati HSS lantik 60 pejabat

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021