Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan mempercepat vaksinasi terhadap siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sebagai salah satu persiapan Pembelajaran Tatap Muka di kota setempat. 

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, Rabu mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak melaksanakan percepatan vaksinasi termasuk bagi kalangan pelajar SMP dan SMA menjelang PTM. 

"Percepatan vaksinasi bagi kalangan pelajar SMP yang sudah dilaksanakan dan siswa SMA untuk persiapan PTM dan menambah masyarakat yang divaksin," ujarnya saat meninjau vaksinasi di SMAN 2 Banjarbaru.

Peninjauan vaksinasi di sekolah itu dilakukan wali kota bersama Wakil Wali Kota Wartono dan Kalak BPBD Banjarbaru Zaini didampingi Kepala Sekolah SMAN 2 Eksan Wasesa dan pejabat terkait lainnya.

Menurut wali kota, capaian vaksinasi yang sudah dilaksanakan sudah 47 persen dan ditargetkan pencapaian hingga bulan Desember 2021 hingga 70 persen dari keseluruhan jumlah penduduk sekitar 250 ribu jiwa. 

"Jika vaksinnya sudah tersedia dan disuntikan kepada masyarakat yang belum divaksin, kami optimistis bulan Desember nanti pencapaian vaksinasi hingga 70 persen," ucap wali kota yang didampingi wawali. 

Dikatakan, PTM di sekolah-sekolah terutama tingkat dasar dan menengah pertama dilaksanakan bulan Oktober 2021 namun masih bersifat terbatas dan bertahap sesuai kesiapan sarana prasarana di sekolah. 

"Seiring penurunan status PPKM ke level II sehingga PTM disiapkan bulan Oktober namun masih terbatas dan bertahap hanya pada sekolah yang siap sarana prasarana. Itu juga akan di evaluasi bertahap," sebutnya. 

Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarbaru Eksan Wasesa mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepedulian wali kota dan wakil wali kota terkait vaksinasi yang diberikan kepada pelajar maupun siswa sekolah menengah atas. 

"Kami mendukung dan mengapresiasi kebijakan wali kota dan wakil wali kota sebagai pemimpin yang peduli kepada masyarakat terutama siswa SMA atas vaksinasi yang diberikan bertahap kepada siswa," katanya. 

Dikatakan, jumlah siswa yang ikut vaksinasi di SMAN 2 Banjarbaru sebanyak 800 orang berasal dari lima sekolah yakni SMAN 2, PGRI 1, SMAN 3, SMAN 5, SMA Bethel yang mengirim siswanya disuntik vaksin. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021