Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mencanangkan vakainasi COVID-19 secara massal dengan terget 100 ribu sasaran. Di mulai hari ini hingga 20 Oktober 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi di Banjarmasin, Minggu, mengatakan, gelar pencanangan vaksinasi massal mewujudkan kekebalan kelompok di Banjarmasin di mulai hari ini.

"Titik awal kita gelar vaksinasi massal target 100 ribu ini di Kampung Biuku, Sungai Andai, Banjarmasin Utara," ujarnya.

Menurut Machli Riyadi, sasaran vakainasi bagi masyarakat rentan dan umum.

"Hari ini kita datang langsung ke masyarakat, bahkan sampai melakukan vaksin di sampan," ujarnya.

Antusias masyarakat kampung Biuku, salah satu kampung wisata di Kota Banjarmasin cukup tinggi, hingga pihaknya yakin target 100 ribu hingga 20 Oktober 2021 itu bisa dicapai.

Pasalnya, target kegiatan lebih 20 titik untuk pelaksanaan vaksinasi massal ini, dari tingkat pelajar siswa SMP dan SMA, beberapa kampung hingga lembaga negara, seperti Kejaksaan untuk para tahana dan OJK.

"Terakhir nanti di gelar di Gedung Sultan Suriansyah," ujarnya.

Dinyatakan dia, realisasi vaksinasi di Kota Banjarmasin hingga saat ini sudah lebih 46 persen dari target sasaran lebih 300 ribu untuk masyarakat umum.

Menurut dia, Kota Banjarmasin yang masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 4 Oktober 2021, terus berupaya memenuhi target capai vaksinasi di atas 50 persen.

"Dengan gencarnya pelaksanaan vaksinasi saat ini, baik di posko pelayanan COVID-19 di Dinkes Banjarmasin serta puskesmas dan kegiatan yang dilaksanakan TNI-POLRI, kita yakin bisa memenuhi target itu," ujar Machli Riyadi.

Dia pun menyatakan, bahwa penambahan kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin saat ini sudah menurun drastis, di mana ini harus dipertahankan terus dengan tetap disiplin protokol kesehatan dan bervaksin.

"Jangan sampai kita lengah, terus waspada, disiplin protokol kesehatan," ujarnya.

Dari data Dinkes Kalsel pada hari ini, penambahan kasus COVID-19 di Banjarmasin hanya ada satu orang. Hingga kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin totalnya hingga kini sebanyak 15.744 orang, sudah sembuh sebanyak 14.957 orang. Sementara meninggal dunia sudah sebanyak 509 orang.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021