Banjarmasin, (AntaranewsKalsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan akan menobatkan keluarga sakinah tahun 2015 tingkat provinsi tersebut pada 23 Juli pada gelar acaranya di Asrama Haji Kalsel di Banjarbaru.


Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kanwi Kemenag Kalsel H Ahmad Sawiti mengungkapkan, Senin, gelar lomba pemilihan keluarga sakinah tingkat provinsi sudah ada ditetapkan pemenangnya.

"Namun ini memang masih dirahasiakan siapa pasangan suami dan istri yang sudah dipilih juri sebagai keluarga sakinah tingkat provinsi ini, hingga hari H nanti baru disiarkan," ujarnya.

Menurut dia, seluruh Kanwil Kemenag di 13 kabupaten/kota di provinsi ini telah mengajukan masing-masing satu pasangan suami dan istri yang sudah diseleksi tingkat daerah dua tersebut, selanjutnya tim juri melakukan penilaian dengan selektif kerumah masing-masing.

Dia sedikit membocorkan bagaimana kreteria calon keluarga akinah yang kemungkinan besar bisa terpilih itu, yakni, dilihat dari keharmonisan, keberhasilan mendidik keluarga, dan berhasil bersosial di masyarakat.

"Kreteria yang tinggi nilainya itu, sampai mereka bisa mendidik anak-anaknya menjadi orang berhasil dan sukses," ungkap Sawiti.

Ditambah lagi, beber dia, keluarga itu memiliki atau mengelola tempat sosial, seperti panti asuhan atau perpustakasn umum misalnya, demikian juga pondok pesanteren," ujarnya.

Menurut dia, keluarga sakinah yang terpilih dan dinobatkan nati nanti akan mendapat kehormatan mendapat undangan ke istana negara dan langsung bertemu dan mendapat penghargaan dari presiden, biasanya pada tanggal 17 Agustus pada acara ramah tamah setelah peringatan hari kemerdekaan.

"Ini memang program khusus kementerian agama, yang selalu digelar setiap tahunnya, dan seleksinya dilakukan disemua provinsi," ucapnya.

Menurut dia, tujuan gelar lomba keluarga sakinah ini untuk menjadi pedoman dan panutan bagi masyarakat untuk mencontoh bagaimana indahnya keluarga yang harmonis dan penuh kebahagiaan tersebut.

"Pastinya bagi keluarga yang terpilih akan menjadi duta keluarga sakinah di daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Selain adanya lomba pemilihan keluarga sakinah ini, pihaknya juga menggelar pemilihan Kantor Urusan Agama (KUA) teladan tingkat provinsi 2015.

"Pemenang KUA teladan ini juga diumumkan pada 23 Juli nanti bersamaan dengan pengumuman keluarga sakinah yang terpilih," turupnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015