Sebanyak 54 ribu lebih dosis vaksin COVID-19 dari donasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan CSR PT Subur Agro Makmur (SAM) disiapkan untuk vaksinasi massal di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H Muhammad Noor, di Kandangan, Senin (20/9), mengatakan vaksinasi massal di HSS dari donasi GAPKI dan CSR PT SAM akan dilaksanakan tanggal 24 September 2021.

"Jumlah yang rencana pelaksanaan vaksin ini sebanyak 54 ribu dosis lebih, akan diperuntukkan untuk masyarakat dan pelajar," katanya, usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) vaksinasi bersama GAPKI, di aula ramu Setda HSS.

Dijelaskan dia, rakor ini dalam menindaklanjuti kepastian persiapan, agar pelaksanaan berjalan lancar, karena HSS ditetapkan sebagai sentral pelaksanaan vaksinasi dan akan dipantau langsung Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo.

Oleh karena itu pihaknya melakukan sinkronisasi, seperti apa persiapan-persiapan yang harus dilakukan, agar pada hari pelaksanaannya nanti bisa bisa berjalan baik dan tanpa kendala.

Koordinator vaksinasi GAPKI di HSS, Budhi Wahyudi, mengatakan rencana pelaksanaan ini mundur menjadi tanggal 24 September 2021 dari rencana semula.

"Jumlah vaksin dari GAPKI itu kita menyiapkan sebanyak 50 ribu dosis, kemudian ditambah 4.500 dosis ini merupakan sumbangan CSR dari PT SAM, jadi total seluruhnya ada 54 ribu lima ratus dosis vaksin," katanya.

Menurut dia, sasaran vaksinasi pertama adalah untuk siswa-siswi sekolah, jenis vaksin yang disalurkan ini sesuai rekomendasi yakni Sinovac, Sinovac sendiri bisa diaplikasikan untuk anak yang sudah berusia 12 tahun.

Ia berharap dengan adanya vaksinasi ini, maka nantinya sudah bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka dimasing- masing sekolah yang ada di wilayah HSS.

Untuk sasaran vaksinasi kedua, masyarakat d HSS yang belum menerima vaksin, untuk teknis pelaksanaannya pihaknya meminta bantuan kepada Pemkab HSS, supaya kegiatan donasi vaksin bisa terselenggara dengan baik.

"Dalam pelaksanaan ada beberapa hal yang mesti ditindak lanjuti, seperti diupayakan H-3 vaksin sudah tiba di Kabupaten HSS," katanya, yang juga merupakan CDO PT SAM.

Jadi setidaknya H -2, paling lambat H-1 vaksin sudah berada di masing-masing puskesmas, jadi perlu diatur teknis pelaksanaan dari penjemputan vaksin, pendistribusian dinkes ke puskesmas dan teknis pelaksanaan vaksinasi.
.
Adapun acara seremonial vaksinasi sendiri, dilaksanakan pada tanggal 24 September 2021 dan langsung dibuka Presiden RI Ir H Joko Widodo secara virtual.

Rakor dihadiri, Kadinkes HSS Hj Siti Zainab, Kepala Kemenag HSS, H Saribuddin, Kadisdikbud HSS, Hj Siti Erma, Kasat Pol PP, H Iwan Friady, Kepala Dinas Kominfo, Hj Rahmawati, para kabag, dan Kepala Sekolah SMP 1 Kandangan.

Baca juga: Puluhan jemaah ikuti vaksinasi di Majelis Ta'lim Al Anshar Wal Muhajirin

Baca juga: 50 ribu vaksin bantuan pengusaha di HSS bagi masyarakat dan pelajar

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021