Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) pada 10 Mei hingga 10 Juni 2021, dua program studi (Prodi) unggulan yang ditawarkan adalah teknik mesin dan teknik listrik.

"Jalur SBMPN ini sebenarnya dibuka untuk lima Prodi diploma 3 (D3), dua diantaranya Prodi teknik mesin dan teknik listrik," ujar Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin Joni Riadi, S.ST, M.T di Banjarmasin, Kamis.

Menurut dia, untuk teknik mesin itu ada tiga jurusan, yakni, D3 teknik mesin, D3 teknik mesin otomotif dan D3 alat berat. Sementara itu untuk Teknik Listrik juga ada tiga jurusan, yakni, D3 teknik listrik, D3 teknik elektronika dan D3 teknik informatika.

Adapun tiga Prodi lainnya yang bisa dipilih adalah Teknik Sipil yang didalamnya ada jurusan D3 teknik sipil, D3 teknik pertambangan dan D3 teknik geodesi.

Kemudian Prodi Akurasi, didalamnya ada jurusan D3 akutansi dan D3 komputerisasi. Terakhir adalah Prodi Administrasi Bisnis, didalamnya ada jurusan D3 administrasi bisnis dan D3 manajemen informatika.

Dikatakan Joni Riadi, kampusnya berkontribusi mendukung perkembangan Dunia Usaha, Dunia Industri san Dunia Kerja (DUDIKA) di Kalimantan Selatan melalui penyiapan SDM yang handal di bidang rekayasa dan tataniaga yang pada gilirannya mempercepat kemajuan pembangunan di Banua Tercinta.

Kampusnya, kata Joni Riadi, menciptakan lulusan terampil, ahli di bidangnya, cepat kerja dan lulus tepat waktu.

Sebagai kampus vokasi negeri terkemuka di provinsi ini, tutur Joni Riadi, sepanjang kiprahnya sejak berdiri 33 tahun yang lalu tepatnya pada 23 September 1987, Poliban  telah menghasilkan puluhan ribu lulusan yang terbukti memiliki kemampuan yang dibutuhkan dunia industri.

"Jadi bagi siswa yang lulus tahun ini untuk melanjutkan pendidikan tinggi, silakan daftar ke Poliban melalu jalur SBMPN, pendaftaran secara online : https://sbmpn.politeknik.or.id," ujarnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021