Tim Satgas Pangan Polda Kalimantan Selatan memastikan stok bahan pokok jelang Ramadhan di provinsi itu mencukupi dengan harga yang juga relatif normal.

"11 kebutuhan pokok stoknya aman untuk tiga bulan kedepan seperti beras, gula, telur, minyak goreng, bawang, daging, cabe dan lainnya," terang AKBP H Suyitno Ardhi, Tim Satgas Pangan Polda Kalsel di Banjarmasin.

Suyitno yang mengikuti rapat koordinasi ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan bersama Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal beberapa waktu lalu mengingatkan para pedagang tak menaikkan harga mengingat stok yang normal.

Begitu juga kepada distributor atau agen alias pedagang besar diharapkan tak memainkan distribusi barang di pasaran, sehingga tak berdampak pada kenaikan harga di tingkat konsumen.

"Kalau ada yang sampai bermain kami tindak tegas, tim terus melakukan penelusuran mengawasi jika ada yang mencoba mengeruk keuntungan secara berlebihan hingga merugikan masyarakat sebagai konsumen," kata Suyitno yang menjabat Kasubdit 1 Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel.
Kasubdit 1 Indagsi Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kalsel AKBP H Suyitno Ardhi (kaos merah) saat penyaluran bantuan beras bagi korban banjir beberapa waktu lalu. (ANTARA/Firman)


Diakui dia pula, kenaikan harga yang masih dibatas kewajaran saat momen-momen tertentu seperti Ramadhan hingga Idul Fitri nanti bisa dimengerti sebagaimana hukum ekonomi di pasar.

Meski begitu, Suyitno menegaskan pihak pedagang ataupun distributor jangan sampai terlalu memberatkan konsumen dengan menaikkan harga secara sengaja di atas kewajaran lantaran kini juga masyarakat dalam kondisi kesulitan akibat pandemi COVID-19.

"Masyarakat juga jangan panik hingga membeli secara berlebih atau melakukan stok barang. Karena akibatnya bisa memicu kenaikan harga di pasar," tandasnya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021