Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2020, ke BPK Republik Indonesia (RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di ruang pertemuan kantor BPK RI Perwakilan Kalsel, Banjarbaru.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan telah menyerahkan LKPD kepada BPK RI sesuai aturan untuk menyerahkan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir, untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dan selanjutnya nanti tim BPK akan turun ke HSS.

"Kami bersyukur hari ini Pak Asyhar berkenan menerima dan beliau banyak memberikan arahan kepada kami untuk perbaikan kedepan dalam hal pengelolaan keuangan di daerah sesuai akutansi pemerintahan," katanya, Kamis (25/3).

Baca juga: Musrenbang RKPD HSS APBD 2022 diiringi semangat tingkatkan perekonomian

Dijelaskan dia, pihaknya berharap ketepatan waktu dalam menyerahkan laporan sebagai motivasi semua, bahwa harus bekerja sesuai dengan aturan yang ada, Penyerahan LKPD juga satu langkah awal dilakukan mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah diraih tujuh kali secara berturut-turut.

Kepala BPK RI Perwakilan Kalsel M. Ali Asyhar, mengatakan pemeriksaan laporan keuangan ini sudah rutin dilaksanakan, dan kewajiban pemerintah untuk melaporkan keuangan setiap tahun kepada DPRD, di mana sebelum disampaikan ke DPRD, diperiksa dulu oleh BPK.

Menurut dia, di dalam undang-undang BPK punya kewajiban untuk melakukan pemeriksaan dan menyampaikan laporan hasil pemeriksaan paling lambat dua bulan setelah diterima laporan keuangannya.

Baca juga: Dinas PMD HSS gandeng ULM tingkatkan kapasitas kepala desa dan anggota BPD

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi karena Pemkab HSS dipimpin Bupati ini, menyampaikan laporan keuangannya paling pertama di wilayah Kalsel. Kami berharap kualitas pengelolaan keuangannya semakin meningkat karena Kabupaten HSS sudah mendapatkan WTP tujuh kali berturut-turut," katanya.

Turut hadir, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, Kepala Inspektorat Rusmajaya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah H. Nanang Fahruraji Muhammad Noor, dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Ika Aguspiannor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021