Paringin, (AntaranewsKalsel) - Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kini memiliki Vihara Sangharatana Jativana Arama dan sekolah Budhis Dhammaseka yang berlokasi di Desa Hauai Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Bupati Balangan H Sefek Effendie di Halong, Minggu,usai peresmian Vihara mengatakan, pembangunan Budhis Centre ini agar memudahkan para pemeluk agama Budha di Balangan dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan agama lainnya.

Ia mengungkapkan, keberagaman umat beragama di Kecamatan Halong yang hidup rukun dan mempunyai rasa toleransi tinggi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Balangan.

"Masyarakat Kecamatan Halong adalah miniatur Indonesia yang terkenal dengan keberagamannya, dari budaya, hingga agama, sikap saling tolong-menolong antarumat beragama harus tetap dijaga dan dipertahankan," katanya.

Dia berharap, dengan adanya Vihara dan Sekolah Budhis tersebut, dapat dimanfaatkan untuk menambah ilmu keagamaan dan juga kekhusukan umat beragama untuk melaksanakan ibadah dan tetap saling menghormati.

"Semoga tempat ibadah ini menjadi sarana untuk mempertebal ilmu agama serta menambah rasa saling menghormati antarsesama umat beragama di Balangan, agar persatuan dan kesatuan tetap solid dan terus terjaga," ucapnya.

Ketua Panitia peresmian Vihara, Karunaviro Thera mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Balangan dalam menganyomi semua umat beragama yang ada di Bumi Sanggam julukan Kabupaten Balangan.

"Pembangunan Vihara ini selain bantuan dari Direktur Jendral Bimbingan Masyarakat Agama Budha, tentunya tidak terlepas dari dorongan dan dukungan yang diberikan Bupati Balangan beserta jajarannya," ujarnya.

Meskipun bersifat sebagai tempat beribadah dan sekolah umat Budha lanjut Karunaviro, namun Vihara itu terbuka untuk masyarakat umum, bukan hanya untuk yang beragama Budha.

"Vihara ini terbuka untuk masyarakat umum, dengan ketentuan bisa menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama," ucapnya.

Vihara Sangharatana Jativana Arama dan sekolah Budhis Dhammaseka diresmikan Bupati Balangan H Sefek Effendie yang dihadiri Dirjen Bimas Agama Budha Kementerian Agama Republik Indonesia Drs Dasikin.

Acara peresmian Vihara Sangharatana Jativana Arama dan sekolah Budhis Dhammaseka juga di hadiri masyarakat sekitar serta pemuka agama Budha, Ketua Umum Sangha Theravada Indonesia, Jotidhammo Mahathera.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014