Setelah melalui Musyawarah Daerah (Musda), H Akhmad Jiansi Majedi terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Kuala (Batola, Kalimantan Selatan masa khidmat 2020-2025. 

Akhmad Jiansi menggantikan Ketua MUI periode sebelumnya KH Husain Akhmad yang telah wafat tahun 2019 lalu. 

Sementara jabatan Sekretaris Umum MUI Batola kembali dijabat Salapudin dan Bendahara Umum kembali dijabat Sarbandi. 

Kepengurusan MUI Batola periode 2020-2025 juga dilengkapi pengurus harian. 

“Intinya saya akan meneruskan program-program yang telah dijalankan sebelumnya dengan berusaha bersama-sama menjalin kerjasama yang baik sehingga terbina hubungan yang baik dengan semua lapisan masyarakat terutama dengan pemerintah daerah,” paparnya. 

Sebelumnya, MUI Batola menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda) X di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola, Sabtu (12/12). 

Musda dibuka langsung Bupati Hj Noormiliyani AS serta dihadiri Ketua Umum MUI Kalsel KH Husain Naparin beserta pengurus, para anggota Forkopimda/mewakili, dan undangan. 

Noormiliyani menilai musda yang dilaksanakan sangat penting, terutama dalam upaya meregenerasi kepengurusan untuk lebih meningkatkan peran dan fungsi MUI menjadi lebih baik lagi.

Dikatakan Noormiliyani, MUI memiliki peran strategis dalam membangun kemaslahatan umat dan memperkokoh ukhuwah Islamiyah karena ulama merupakan perekat dan penguat dalam menyatukan kekuatan agama agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan yang bisa menyimpang dan menyesatkan umat. 

Di samping, sebut dia,  MUI mampu menyatukan umat Islam yang berfaham ahlus sunnah waljamaah meski terdapat berbagai macam organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan lainnya. 

Sehubungan dengan itu, bupati mengharapkan dalam musda dapat melahirkan regenerasi kepemimpinan yang handal dan benar-benar memenuhi kriteria serta mammpu membawa organisasi MUI ke arah yang lebih baik di tengah pesatnya kemajuan teknologi informasi sekarang. 

Bupati juga berharap dapat melahirkan berbagai rumusan program kerja dan kegiatan yang terukur serta terarah guna mencapai tujuan utama MUI serta sejalan dan mampu bersinergi dengan upaya pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan Kabupaten Batola.
H Akhmad Jiansi Majedi terpilih menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Barito Kuala masa khidmat 2020-2025.Foto:Antaranews Kalsel/Humas Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020