Pasangan calon atau Paslon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rusli - KH M Fadhlan As'ary dengan singkatan "RF" akan tata kelola kembali pasar tradisional di kabupatennya.

"Kalau Paslon RF nanti terpilih menjadi pemimpin daerah 'Bumi Barakat' Banjar akan menata kelola kembali pasar tradisional di kabupatennya," ujar Ketua Tim Koalisi Pemenangan Paslon Bupati-Wabup tersebut, Chairil Anwar melalui WA-nya, Senin.

Penatakelolaan kembali pasar tradisional tersebut bukan cuma sekedar agar terlihat bagus dan rapi, tetapi buat kenyamanan pedagang itu sendiri.

Selain itu, untuk kenyaman pengunjung/orang berbelanja, yang pada gilirannya bisa meningkatkan omset penjualan serta pedagang itu sendiri.

Sebagai contoh Pasar Ahad Kecamatan Kertak Hanyar di Jalan A Yani km7 atau yang berbatasan dengan Kota Banjarmasin, dimana tiap hari Ahad banyak pengunjung bukan saja warga masyarakat setempat, tatapi dari ibukota Kalsel tersebut.

Begitu pula pasar tradisional di kota Martapura (40 kilometer utara Banjarmasin), ibukota Kabupaten Banjar sendiri perlu penataan kembali.

"Apalagi Martapura yang berjuluk kota intan dan serambi Mekkah Kalsel menjadi salah satu tujuan wisata, baik lokal/regional maupun nusantara dan mancanegara," kutipnya.

"Namun menatakelola kembali pasar tradisional tersebut akan melibatkan atau meminta pendapat dari para pedagang di pasar itu sendiri. Karena selain mereka lebih tahu permasalahannya, juga mereka sendiri yang akan menempati ," demikian Chairil Anwar mengutip pernyataan Cabup Banjar H Rusli.

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020