Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry,menyampaikan berdasarkan informasi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata(Disporapar) HSS Martha Karya Saputra akan ada perluasan-perluasan untuk objek wisata Tanuhi, Kecamatan Loksado, termasuk salah satunya adalah sumber air panas baru.

Ia mengatakan, pengembangan objek wisata ini merupakan langkah pemerintah daerah untuk membantu masyarakat, untuk meningkatkan pendapatan serta ekonomi yang bertumpu pada sektor wisata.

"Kunjungan kami ini juga merupakan salah satu tanggung jawab pemerintah daerah untuk melihat dan melengkapi fasilitas, agar memenuhi protokol kesehatan untuk objek wisata," katanya, dalam wawancara, Senin (15/6).
 


Baca juga: Rombongan Finlandia-Estonia kagum keindahan alam Loksado

Dijelaskan dia, terkait masalah pembukaan objek wisata yang masih ditutup saat ini, masih menunggu evaluasi dari pihak yang terkait dan tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 HSS.

Adapun perluasan dan pembenahan fasilitas yang dilakukan merupakan langkah-langkah ini akan terus bisa dilakukan, dalam menarik wisatawan yang datang kesini, dan naik bamboo rafting tidak masalah, antara joki dan yang duduk ada jarak masih bisa diatur dan juga menggunakan masker,

Namun masalahnya juga pada saat hendak turun dari lantingnya itu yang bisa terjadi kerumunan-kerumunan, ini yang akan nantinya akan diatur dan kalau dari segi pandang dan evaluasi yang dilakukan terutam dari bidang pariwisata sudah layak untuk dibuka maka akan dibuka.

Peninjauan Dermaga Niih dan obyek wisata air panas Tanuhi, Loksado (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS berdayakan pemandu wisata lokal

Sebelumnya, Bupati HSS beserta rombongan juga meninjau fasilitas yang terdapat di Dermaga Niih, dermaga lanting bagi para wisatawan yang telah selesai melaksanakan kegiatan “Balantimg Paring” dari Loksado.

Dermaga Niih dilengkapi dengan beberapa fasilitas antara lain gazebo untuk istirahat, kursi dan meja di areal dermaga serta tempat peribadatan berupa musholla dan adanya wc umum.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, Kepala Disporapar HSS dan para kepala SKPD terkait, serta jajaran Disporapar HSS, dalam kegiatan ini juga dilakukan penanaman pohon di lokasi obyek wisata Air Panas Tanuhi.

Penanaman pohon di lokasi obyek wisata air panas Tanuhi, Loksado (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020