Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Finlandia-Estonia Wiwiek Setyawati Firman menyampaikan kalau sebagai orang Indonesia menyatakan potensi alam Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) ini sangat luar biasa, yang juga merupakan potensi kekayaan yang harus dijaga dan terus dikembangkan.

"Mewakili rombongan Finlandia-Estonia kami merasa kagum akan keindahan dan pesona alam Loksado, serta ini merupakan destinasi terbaik dari daerah-daerah wisata yang sudah kami kunjungi," katanya, saat wawancara disela kegiatan gelar budaya dan penyambutan rombongan oleh Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Jum'at (15/3).

Dijelaskan dia, orang-orang Finlandia dan Estonia terkenal sebagai orang-orang yang jujur, mereka akan berkata apa yang dipikirkan dan dirasakan dan itu menjadi karakteristik orang Finlandia  dan Estonia yang memang dikenal dengan kejujuran dan berkata benarnya.

Dubes RI Finlandia dan Estonia Wiwiek Setyawati Firman (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Loksado berbenah sambut kedatangan wisatawan Finlandia

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan dengan adanya kedatangan rombongan ini, di mana dengan kunjugan dari orang-orang Finlandia dan Estonia akan ikut membantu promosi pariwisata yang ada di Kabupaten HSS.

Menurut dia, karena kalau mereka berbicara itu orang akan sangat mendengar dan akan mengikuti,  jadi mereka menjanjikan akan banyak turis-turis yang akan datang ke Loksado, dan diharapkan dia hal tersebut akan membawa pengarus positif untuk kemajuan pariwisata HSS dan kebaikan bagi semua unsur yang mendukung

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel beserta jajaran, terlebih lagi kepada Dubes RI untuk Finlandia - Estonia telah membawa delegasi untuk kemajuan pariwisata kita. Pemkab HSS sangat menyambut baik, ini tentu sebagai cikal bakal wisata kita semakin berkembang kedepan," katanya.

Penyambutan kedatangan rombongan Finlandia  dan Estonia (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pembangunan di Kecamatan Loksado diarahkan untuk sektor wisata

.Adapun kegiatan gelar budaya  Babalian merupakan kegiatan dalam rangka menyambut kedatangan Dubes RI untuk Finlandia dan Estonia beserta rombongan, dengan mengambill tempat di Balai Adat Malaris, Desa Loklahung, Kecamatan Loksado.

Rombongan yang dipimpin Dubes RI terdiri dari rombongan dari awak media, operator dan asosiasi pariwisata di Finlandia dan Estonia, di antaranya Pauliina Hulkko dari Tampere University Finlandia, Thea Karin dari Kuku Raadio Estonia, Revo Raudjarv dan Joosep Kink dari Tallinn TV Estonia.

Turut hadir, Kepala Dinas Kehutanan .Kalsel Hanif Faisol Nurofiq, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel Dahnial  beserta jajaran Pemprov Kalsel, Kepala Disporapar HSS M. Arlian Syahrial, Kepala Dinas Pendidikan HSS Nordiansyah, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Asliansyah dan seluruh pihak yang terlibat.

Penyambutan kedatangan rombongan Finlandia  dan Estonia (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019