Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan peristiwa penyerangan Polsek Daha Selatan menjadi pembelajaran yang sangat berharga, sekaligus menjadi catatan agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi.

Ia mengatakan,  ke depannya akan mencari format-format terbaik agar pencegahan penyebaran paham radikalisme dan terorisme di masyarakat bisa diantisipasi dengan lebih baik.

"Setelah tadi bertemu secara langsung dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar, saya banyak menerima masukan dan harapan. Insya Allah, setelah situasi agak tenang kami akan ketemu dengan tokoh-tokoh masyarakat," katanya.

Menurut Bupati, usai menyambut kedatangan rombongan Kepala BNPT dan Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta, di aula Polres HSS, Sabtu (6/6) siang, dia akan  jelaskan posisi dan berbagai kondisi di masyarakat yang harus diwaspadai dan menjadi perhatian bersama, seluruh pihak, mulai dari tokok agama, masyarakat, pemerintah dan aparat hukum.

Dijelaskan dia, kedatangan dan kunjungan Kepala BNPT dan juga Kapolda Kalsel beserta rombongan ke HSS, merupakan suatu kehormatan meskipun sekaligus untuk mengecek kejadian kasus penyerangan oleh orang tidak dikenal (OTK) kepada anggota Polri di Polsek Daha Selatan lalu.

Sebelum ke Polres HSS, rombongan BNPT yang dipimpin langsung Kepala BNPT ‎Komjen Polisi Boy Rafli Amar‎ ini juga mengunjungi Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Polsek Daha Selatan.

Maksud dan tujuan kunjungan rombongan BNPT ke Kabupeten HSS ini, dalam rangka untuk melakukan supervisi terkait kasus penyerangan oleh OTK di Polsek Daha Selatan yang terjadi Senin (1/6) lalu, yang mengakibatkan satu anggota Polri gugur.

Kedatangan rombongan BNPT ini dilaksanakan juga untuk memperkuat sinergisitas dari semua elemen,  sebagai upaya bersama melibatkan semua pihak dalam pencegahan penyebaran dan penanganan paham radikalisme dan terorisme di masyarakat, terutama di Kabupaten HSS.

Kepala BNPT ‎Komjen Polisi Boy Rafli Amar juga didampingi Deputi 1 BNPT Mayjen TNI‎ Hendri Paruhuman Lubis, ‎Deputi 2 BNPT Irjen Polisi Budiono Sandi, ‎Dir Gakumdu BNPT Brigjen Polisi Eddy Hartono.

Juga Dir Penindakan BNPT Brigjen Polisi Torik Triyono, ‎Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Brigjen Polisi (Purn) Achmadi dan Wakil Ketua LPSK Susilaningtias‎, serta Kapolda Kalsel Irjen Polisi Nico Afinta.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020