Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menerima kunjungan kerja Komisi I DPRD Kabupaten Banjar, yang ingin mengetahui tentang penanganan wabah COVID-19, berkaitan dengan Ketertiban Umum(Tibum).

Ketua Komisi I DPRD Banjar, Kamaruzzaman, di Kandangan, Rabu (3/6), mengatakan kunjungan mereka ke DPRD HSS semata-mata ingin melihat dan belajar, sejauh mana penanganan dampak sosial yang terjadi di Kabuapten HSS akibat wabah COVID-19.

"Langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dalam menanganinya ini, sangat baik sekali dan akan menjadi bahan kajian nanti untuk Kabupaten Banjar," katanya.

Baca juga: DPD dan Aleg PKS HSS salurkan 2.000 paket sembako untuk pengurus serta simpatisan

Dijelaskan dia, hal ini karena diketahui HSS hingga saat ini masih bertahan dan belum berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sementara Kabupaten Banjar sudah berstatus PSBB.

Ketua Komisi I DPRD HSS, Yofie Alfiani, mengatakan bahwa sebagaimana Kabupaten Banjar, rencananya DPRD HSS juga akan mengkaji pembentukan Panitia Khusus (Pansus) COVID-19.

Menurut dia, ini penting karena memang APBD yang mengalami perubahan besar untuk penanganan COVID-19 ini, dan pihaknya akan memposisikan diri sebagai pengawas, untuk mengontrol dan mempertanyakan tentang sejauh mana penggunaan anggaran untuk COVID-19.

Dalam dialog yang berlangsung sekitar satu jam, para wakil rakyat dari Kabupaten Banjar ini banyak menanyakan tentang strategi dan kebijakan yang dilakukan dalam menangani masalah COVID-19, terutama yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat secara langsung.

Baca juga: Legislator : HSS bisa menjadi model Kalsel penanganan COVID-19

Beberapa pertanyaan ini pun ditanggapi oleh anggota Komisi I DPRD HSS, dan selanjutnya diperjelas oleh Kepala OPD terkait yang juga diundang oleh pihak DPRD, antara lain Satpol PP HSS dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PDM) HSS.

Kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Banjar ini beranggotakan lima orang, termasuk Wakil Ketua DPRD Banjar, H. Akhmad Zacky Hafizie, rombongan sendiri dipimpin oleh Ketua Komisi I DPRD Banjar Kamaruzzaman dan diterima Ketua Komisi I DPRD HSS, Yofie Alfiani.

Turur hadir, seluruh anggota Komisi I DPRD HSS, sementara dari pihak Eksekutif hadir pula Kepala Satpol PP dan Damkar HSS H.Iwan Friadi dan perwakilan Dinas PMD HSS, sesuai pertemuan diserahkan cindera mata dari DPRD HSS kepada rombongan DPRD Banjar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020