Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad di Kandangan, Jumat, menyatakan rasa senangnya melihat kesadaran masyarakat yang cukup baik terhadap penggunaan masker sebagai pelindung, saat berada di Pasar Negara, Kecamatan Daha Selatan.

Menurut dia dalam pengamatan hampir sebagian besar pengunjung di pasar telah menggunakan masker sebagai pelindung wajah, Hanya sekitar 10 orang yang tidak menggunakan masker dan setelah diedukasi ternyata mereka sudah ada yang memiliki masker namun tidak digunakan.

"Kami mengajak warga masyarakat untuk mengikuti dan menaati imbauan pemerintah, Maklumat Kapolri dan MUI, agar kita tidak tertular dan menularkan virus," katanya, dalam wawancara di sela kegiatan peninjauan.

Diharapkannya, wabah ini cepat berakhir dan pihaknya berterima kasih kepada Dinas Perdagangan HSS, para camat Se Daha yang hari ini berhadir, dan upaya yang dilakukan dalam pencegahan virus COVID-19 menjadi kebaikan bersama.

Camat Daha Selatan Nafarin mengatakan untuk mengantisipasi masuknya para pembeli dan pedagang yang mau memasuki ke Pasar Negara tanpa menggunakan masker, pihaknya bersama dengan relawan Satpol PP, Polri dan TNI membuat pos di lima titik akses masuk ke Pasar Negara.
Baca juga: Hari kelima PSBB di Banjarmasin, masih ada warga tidak gunakan masker
Baca juga: Wakapolda Kalsel ingatkan anggotanya gunakan masker saat bertugas
Baca juga: Kapolresta Banjarmasin imbau warga gunakan masker untuk keselamatan
Apabila ditemukan warga yang ingin memasuki pasar tanpa menggunakan masker, maka diimbau agar kembali ke rumah dan kalau ingin masuk pasar harus menggunakan masker.

Peninjauan ke pasar oleh Wabup HSS itu dalam rangka mengingatkan kembali kepada para pedagang dan pembeli atau pengunjung pasar, agar senantiasa menggunakan masker serta tetap melakukan physical distancing atau jaga jarak.

Serentak hari ini dilakukan edukasi dan pengawasan penggunaan masker dan jarak jarak kepada pedagang dan pembeli oleh semua pejabat tinggi pratama dan pejabat administrator Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Wabup HSS meninjau pasar Negara bersama dengan Sekretaris Dinas Perdagangan HSS, para camat di wilayah Daha, dan para relawan yang ikut hadir.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020