Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan Erna Kasypiah mengatakan, sebanyak 459 orang direkrut menjadi anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di 13 kabupaten/kota.

Pilkada 2020 di Kalsel, ujar dia, adalah pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan tujuh kepala daerah di kabupaten/kota, yakni, kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Berikutnya untuk Pilbup di Kabupaten Banjar, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru dan Tanah Bumbu.

"Sejak kemarin hingga hari ini sudah tujuh daerah yang melantik anggota Panwascam-nya," ujar Erna Kasypiah saat menghadiri pelantikan anggota Panwascam Kota Banjarmasin di Balaikota, Selasa.
Baca juga: Sebanyak 15 anggota Panwascam Banjarmasin dilantik
Baca juga: 33 anggota Panwascam se Kabupaten HSS dilantik

Dikatakan dia, ada sebanyak 153 kecamatan di provinsi ini dari 13 kabupaten/kota, di mana semuanya harus ada Panwascam, karena terkait Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur.

Satu kecamatan sebanyak 3 anggota Panwascam, hingga totalnya sebanyak 459 orang, ucapnya.

"Jadi sebelum akhir tahun ini semua harus beres sudah perekrutan Panwascam dan pelantikannya," tutur Erna Kasypiah.

Usai itu akan dilakukan lagi perekrutan pengawas di tingkat desa dan kelurahan. Ini dijadwalkan pada awal tahun 2020.

"Di provinsi kita inikan ada sebanyak 2.008 desa dan kelurahan, artinya sebanyak itu juga jumlahnya, karena hanya satu saja di tingkat desa dan kelurahan," imbuhnya.

Menurut dia, perekrutan anggota pengawas pemilu ini hingga ke tingkat desa dan kelurahan tetap mementingkan keterwakilan perempuan.

"Tapi memang kata-katanya memperhatikan keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, tidak wajib juga," ujarnya.
Baca juga: 33 Panwascam Se-HST dilantik dan siap mengawasi Pilkada 2020
Baca juga: Bawaslu Banjarmasin rekrut 15 Panwascam di lima kecamatan

Dia meminta, para pengawas pemilu yang akan direkrut harus memenuhi syarat berintegritas dan profesional, hingga terus menjaga independensi.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019