Teka teki siapa yang bakal diusung oleh Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk maju pada Pilkada 2020 mendatang akhirnya terjawabkan.

Melalui rapat pleno Golkar diperluas yang melibatkan seluruh pengurus dari tingkat kecamatan, DPD, dewan pertimbangan dan kehormatan, Rabu (27/11) memutuskan untuk mengusung kader partai sendiri yang juga merupakan ketua DPD Golkar HST, H Saban Effendi berpasangan dengan Kepala Bank Kalsel Cabang Barabai, H Abdillah atau Habib Didil yang menyatakan telah bergabung dengan PPP.

Baca juga: Kepala Bank Kalsel Barabai maju di Pilkada HST

"Maju pada pilkada HST ini kita sudah mendapat restu dari pengurus DPW dan pengurus pusat juga yang lebih memprioritaskan mengusung kader Golkar sendiri," kata H Saban Effendi yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua DPRD HST.

Menurutnya, bersama dengan Habib Didil akan berkomitmen memajukan HST lebih baik lagi.

Baca juga: Delapan calon Daftar ke Golkar, termasuk H Asoy siap berpasangan H Zanie

Terkait para calon yang mengikuti penjaringan melalui partai Golkar, pihaknya menyerahkan masalah itu ke pengurus DPP. namun dia mengungkapkan, kalau ada kader Golkar sendiri yang maju pada pilkada, maka akan lebih diprioritaskan untuk diusung agar ke depan dapat memajukan partai.

Habib Didil menambahkan, karena PPP hanya mendapatkan tiga kursi di DPRD HST, maka harus berkoalisi dengan partai lain.

Baca juga: Johar hanya Wakil Ketua sementara DPRD HST, yang definitifnya Saban

"Tim kami memang saat ini mencari pasangan dan alhamdulillah berjodoh dengan pak Saban," kata Habib.

Dari 30 kursi di DPRD HST, Partai Golkar sendiri memperoleh enam kursi dan sudah cukup untuk mengusung salah satu kandidatnya maju pada pesta demokrasi pemilihan kepada daerah lima tahun sekali di Kabupaten HST.

Baca juga: Rekrutmen Panwascam di HST akan berbasis online

Pengurus Partai Golkar HST yang juga anggota DPRD HST, H johar Arifin turut berkomentar bahwa selama ini para calon yang diusung oleh Golkar justru melupakan partai Golkar.

"Jadi, ini saatnya kebangkitan partai Golkar dengan mencalonkan kadernya sendiri maju pada Pilkada HST 2020," katanya. 

Baca juga: Rebut HST satu, Faqih positif berpasangan Yazid Dukcapil

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019