Upaya menanamkan jiwa nasionalis dan kepahlawanan siswa SMPN 2 Rantau lakukan ziarah kebeberapa makam pahlawan yang ada di Kabupaten Tapin pada Senin (11/11).

Kepala Sekolah SMPN 2 Rantau, Hj Faridah mengatakan, kegiatan yang pertama kali dilaksanakan ini merupakan upaya pihak sekolah mengajak para siswa untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan.

"Pada momen hari pahlawan ini kami sengaja mengajak siswa untuk ziarah sekaligus tabur bunga ke makam pahlawan Puspa Raya di Kecamatan Lokapaikat," ujarnya.

Selain itu, dijelaskan Kepsek, bahwa dilaksanakannya zoarah sekaligus tabur bunga di pusara makam pahlawan ini kegiatan ini dimaksudkan untuk menanamkan nilai-nilai kepahlawanan.

"Semoga rasa nilai-nilai kepahlawanan bisa menambah semangat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pelajar," harap Kepsek.

Sementara itu, Khafifah pembina OSIS SMNP 2 Rantau berharap kegiatan ini bisa meningkatkan nilai-nilai nasionalis dan bisa meneladani para pahlawan.

"Kita berharap siswa-siswa bisa menjadi pahlawan di masa depan misal pahlawan dalam keluarga dan nusa bangsa," harapnya.

Alda Ratu Alfina salah satu siswi yang ikut dalam ziarah di pusara pahlawan tersebut berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin di setiap tahunnya.

"Dengan seperti ini kami bisa lebih merasakan perjuangan para pahlawan hingga mereka rela berkorban bagi nusa bangsa dan tentunya untuk masa depan lebih baik," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019