DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar uji publik atas kinerja tim pemilihan Calon Wakil Bupati HST yang telah menetapkan Berry Nahdian Forqon, Senin (4/11) di gedung dewan setempat.

Sesuai daftar absen yang disediakan Sekretariat DPRD HST, setidaknya ada enam Organisasi Kepemudaan (OKP) yang hadir pada uji publik tersebut yaitu GP Ansor HST, PMII Cabang Barabai, JIMKA HST, IPNU HST, KNPI HST dan AMK HST serta beberapa yang mengatasnamakan tokoh masyarakat.

Baca juga: LSM, OKP dan PDIP HST siap kawal Berry hingga pelantikan wabup

Uji publik berjalan dengan lancar dan cukup singkat. Berbeda jauh dengan yang terjadi pada gelaran rapat paripurna DPRD HST, Selasa (29/10) lalu. Yang mana pada saat hendak ditetapkannya, Berry Nahdian Furqon sebagai satu-satunya calon Wakil Bupati HST, aksi walkout oleh tiga anggota DPRD dari partai PKS, mewarnai jalannya penetapan.

Seusai Ketua DPRD HST, H Rachmadi dan Wakil Ketua DPRD HST, H Saban Effendi, menyampaikan paparannya terkait proses tahapan pemilihan Wakil Bupati HST sisa masa jabatan tahun 2016-2021, tak ada satu pun protes atau bunyi keberatan dari LSM, tokoh masyarakat, hingga anggota DPRD yang berhadir. Semuanya sepakat, agar prosesnya tersebut berjalan.

Baca juga: Faqih mengaku kecewa terhadap proses pemilihan Cawabup HST, ini alasannya

"Kami mendukung dengan apa yang sudah dilakukan DPRD HST, terkait proses pemilihan atau penetapan bakal calon Wakil Bupati HST," ucap Ketua GP Ansor HST, Muliadi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat HST yang juga menjabat sebagai penasehat GP Ansor HST, Abdul Rasyid. Dia mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dengan apa yang sudah dilakukan DPRD HST.

Baca juga: Sikapi kekecewaan Faqih, begini tanggapan tokoh LSM HST

"Karena sudah dipilih, maka lanjutkan saja. Melihat dari jejak rekamnya, Berry Nahdian Furqon juga merupakan figur yang mumpuni. Dia merupakan salah satu aktivis lingkungan, bahkan mantan ketua Walhi Nasional," ucapnya.

Perlu diketahui, uji publik digelar terbuka untuk umum. Artinya, siapa pun dapat berhadir. Baik dari kalangan LSM, organisasi mahasiswa, hingga tokoh masyarakat.

Baca juga: Faqih tak lengkapi berkas, DPRD tetapkan Berry Cawabup HST

Meski begitu, bila melihat lembar absensi yang disediakan oleh bagian sekretariat DPRD setempat yang diisi oleh para undangan, mayoritas undangan yang berhadir pada uji publik tersebut, sebagian merupakan basis organisasi yang berafiliasi terhadap organisasi masyarakat Nahdatul Ulama (NU).

Hal itu, juga tidak mengherankan, mengingat saat ini Berry Nahdian Furqon, menjabat sebagai Sekretaris PWNU Kalsel.

Baca juga: Kepala Bank Kalsel Barabai maju di Pilkada HST

Terkait hal ini, Ketua DPRD HST, Rachmadi, menegaskan bahwa pihaknya membuka uji publik untuk umum. Maka, siapa pun berhak untuk berhadir dalam forum tersebut. Undangan pun diserahkan tidak hanya kepada organisasi yang berafiliasi dengan NU saja.

"Undangan disebar untuk umum dan ke seluruh ormas yang ada di HST," bebernya.

Baca juga: Huda mendaftar ke Gerindra HST dan nyatakan berpasangan dengan dr Halim

Lantas, bagaimana peluang Berry Nahdian Furqon, terkait jabatan Wakil Bupati HST? Yang bila merunut pada peraturan, pengisian jabatan Wakil Bupati setidaknya sudah terisi 18 bulan sebelum proses Pilkada dimulai.

Terkait hal tersebut, H Rachmadi menegaskan, bahwa sebelum melakukan tahapan pemilihan Cawabup HST, pihaknya sudah menyampaikan dan berkoordinasi kepada Bagian Hukum, ke pihak Pemerintah Provinsi Kalsel hingga Kementerian Dalam Negeri.

Baca juga: Sekda: Peringatan maulid dapat pererat silaturrahmi

"Walau pun sisanya tiga bulan, masih bisa dilakukan. Karena kami sebagai anggota DPRD menjalankan amanah masyarakat HST. Apa yang diharapkan masyarakat, semoga dalam sebulan ini jabatan wakil bupati HST sudah terisi," ujar ketua DPC Gerindra tersebut.

Proses pemilihan Cawabup HST terus berjalan. DPRD HST bakal menggelar Rapat Paripurna terkait pengesahan calon terpilih pada Selasa (5/11). Kemudian, pada Rabu (6/11) berkas-berkas bakal langsung diserahkan ke Pemerintah Provinsi Kalsel.

Baca juga: Polling selalu teratas, Tamzil dinilai layak maju di Pilkada HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019