Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) digelar September 2020. Beberapa Bakal Calon (Bacalon) Bupati sudah mulai mendaftarkan diri ke partai politik untuk bertarung memperebutkan kursi Bupati Satu.

Berbagai upaya untuk mencerdaskan pemilih pun dilakukan oleh berbagai tim survei yang salah satunya melalui polling masyarakat dengan memuat berbagai nama-nama yang layak untuk menjadi Bupati HST 2021-2026.

Baca juga: Mengenal lebih dekat Tamzil serta pengalamannya di pemerintahan

salah satu nama yang cukup banyak dukungan oleh masyarakat adalah H Akhmad Tamzil yang saat ini masih menjabat Sekretaris daerah Kabupaten HST.

Dari beberapa polling yang dilakukan oleh masyarakat, H A Tamzil selalu menempati posisi tertinggi dari calon-calon Bupati HST lainnya.

Baca juga: Sekda Tamzil apresiasi uji publik SIDDAK

Salah satu tokoh masyarakat di HST, H Muhammad Fajeri saat dikonfirmasi, Jum'at (1/11) di Barabai mengungkapkan, kalau Tamzil memang layak untuk maju sebagai calon Bupati HST apda Pilkada Tahun ini.

"Majunya Tamzil untuk menjadi Calon Bupati HST periode 2021-2026 sangat kita dukung sekali karena dirinya memang layak," ungkapnya.

Baca juga: Sekda Tamzil buka rakor pemaparan data IDM

Penasehat Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten HST itu menambahkan, kalau dirinya mendukung dan mendorong beliau maju untuk calon Bupati HST, karena masa tugas beliau sudah hampir menjelang pensiun, disamping mempunyai banyak pengalaman di birokrasi.

"Kami yakin dengan beliau memimpin sebagai Bupati, Kabupaten HST akan menjadi lebih baik kedepannya," ujar pria baya yang juga merupakan ketua Pemuda Panca Marga (PPM) HST itu.

Baca juga: Sekda HST tinjau langsung pembangunan Gor tipe B

Tokoh LSM HST yang juga merupakan Wakil Ketua Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Kabupaten HST, Bahruddin juga mengungkapkan hal yang serupa, bahkan dirinya turut mendesak agar H A Tamzil maju di Pilkada 2020 nanti untuk memenuhi harapan masyarakat.

Sedangkan H Badruddin, salah satu tokoh masyarakat yang juga mantan Pengawas di Dinas Pendidikan turut menilai kalau Tamzil merupakan sosok pemimpin yang sangat peduli terhadap bawahannya, sosok pengayom dan dicintai bawahannya serta sangat dekat dengan masyarakat terutama dengan para ulama.

Baca juga: Sekda Tamzil lepas 1253 Riders Marasa Maka Tahu

"Beliau sangat layak untuk menjadi Bupati HST ke depannya, dimanapun beliau bertugas apabila dimutasi selalu dilepas bawahan dengan kesedihan akan kehilangan sosok kepemimpinannya dan dengan sosok merakyat dan dekat dengan ulama, saya yakin beliau mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat di HST," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang  pelaku seni di Pantai hambawang, Dalang Putera yang menilai H A Tamzil sangat layak untuk memimpin HST ke depannya,  karena sosok humoris serta ramah kepada siapa saja dan tentunya sangat peduli dengan kemajuan seni dan budaya di HST.

Baca juga: Tamzil: Kenalkan seni budaya melalui Parisj Van Borneo Festival

Selama menjabat sebagai ketua umum Dewan Kesenian Daerah Kabupaten HST, beliau mampu menyatukan para seniman dan budayawan yang ada di HST dalam upaya mengembangkan dan melestarikan seni budaya dengan sederet prestasi gemilang baik di tingkat provinsi dan nasional.

"Saya yakin ke depannya seni dan budaya di HST akan bertambah maju," tuturnya.

Baca juga: Sekda Tamzil terpilih sebagai ketua umum Dewan Kesenian Kabupaten HST

Tamzil sendiri yang dikonfirmasi terkait dukungan terhadap dirinya untuk maju sebagai bacalon Bupati HST, mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi karena masyarakat mendukungnya.

"Namun saat ini saya masih menjabat Sekda HST, sesuai SK yang saya terima kurang lebih 5 bulan lagi, karenanya saya tetap akan fokus dalam tugas, doakan saja semoga saya sukses dalam menjalankan tugas, tuntung pandang sehingga pimpinan merasa senang dan gembira atas pelaksanaan tugas saya selama menjabat sebagai sekda hingga diakhir pengabdian," ungkapnya.

Baca juga: Faqih mengaku kecewa terhadap proses pemilihan Cawabup HST, ini alasannya
Baca juga: Berikut daftar 56 nama pejabat yang dilantik Bupati HST
Baca juga: Bupati HST safari maulid di Ponpes Al-Muhajirin Pemangkih

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019