Bertepatan dengan peringatan Hari Statistik Nasional pada tanggal 26 September 2019, Staf Ahli Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Riduan selaku perwakilan dari Pemerintah Daerah bersama dengan Kepala Diskominfo HST, Edina Rahman dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten HST, Eddy Erwan Nopianoor secara bersama-sama meresmikan Markas Komando (Mako) Sensus Penduduk (SP) 2020.

Mengusung konsep warung kopi (Coffe Shop), Kepala BPS HST Eddy Erwan Nopianoor menjelaskan, bahwa Mako SP2020 BPS HST dijadikan sebagai pusat koordinasi dan konsolidasi kegiatan sensus penduduk.

Baca juga: BPS HST: Masyarakat 'update' data sendiri di Sensus Penduduk 2020

Pada kesempatan tersebut, disampaikan pula informasi mengenai perkembangan jumlah penduduk Kabupaten HST dari Sensus Penduduk Tahun 1980 sampai dengan Sensus Penduduk terakhir Tahun 2010 yang terpasang pada dinding luar Mako SP2020, dengan papan informasi terakhir berisi sebuah pertanyaan “berapa penduduk Hulu Sungai Tengah pada tahun 2020?”.

Selain itu, menurutnya, pada dinding latar belakang di gambarkan tahapan pelaksanaan SP2020, mulai dari tahapan konsolidasi dan koordinasi sampai dengan tahapan pencacahan lapangan. Tidak ketinggalan disampaikan hashtag yang diangkat pada pelaksanaan SP2020 yaitu #MencatatIndonesia.

Baca juga: BPS singkronisasi seluruh data di HST

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati HST H Riduan menyampaikan, harapan pemerintah daerah bahwa dengan kehadiran Mako SP2020 bisa memperlancar kegiatan Sensus Penduduk untuk menuju Satu Data Kependudukan HST.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo HST Edina Rahman, terkesan dengan konsep Mako SP2020 yang terasa suasana santai dan nyaman, namun tidak menghilangkan fungsi mako itu sendiri.

Baca juga: Melalui data statistik potensi desa bisa dikembangkan

"Atmosfir yang muncul adalah aura keramah-tamahan, sehingga diharapkan siapa pun yang nantinya akan datang ke Mako SP2020 BPS HST tidak ada timbul rasa segan untuk bertanya atau memberikan informasi mengenai kegiatan SP2020 pada tahun depan," katanya.

Setelah berbincang santai dengan menikmati minuman dan makanan yang disuguhkan langsung oleh Kepala BPS HST, acara pada hari itu dilanjutkan dengan pengambilan video dokumentasi dukungan terhadap pelaksanaan SP2020.

Acara juga diakhiri dengan pemotongan tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur atas peringatan Hari Statistik Nasional dan sebuah harapan agar pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 bisa berjalan dengan lancar.

Peresmian Mako SP2020 BPS HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)


Baca juga: Dinas Pendidikan HST dapat jatah Rp 359 Millar
Baca juga: Bupati HST minta masukan terkait pembangunan
Baca juga: Harun Nurasid pendaftar pertama Balon Bupati HST di Partai Golkar

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019