Barabai, (Antaranews Kalsel) - Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS) yang bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) HST mengadakan sosialisasi hasil pendataan potensi desa dan presentasi Indeks Pembangunan Desa (IPD), Selasa (29/1) Di Aula Kantor di Aula Kantor Kecamatan LAS.

Tujuannya untuk menggali informasi terkait data pelaksanaan dana desa terhadap pencapaian hasil pembangunan sekaligus meningkatkan kualitas aparat desa.

Camat LAS M Afni Hidayat berharap, dengan adanya sosialisai tersebut, BPS dapat memberikan informasi yang bersifat data. Sehingga kelihatan apa saja yang menjadi potensi desa dan apa saja hasil- hasil yang telah dicapai dalam membangun desa.

"Informasi tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijadikan tolak ukur perencanaan dalam melaksanakan pembangunan bagi desa," ujarnya.

Terkait dana desa yang cukup signifikan, Camat muda lulusan STPDN ini berharap agar dalam merencanakan segala potensi desa harus tepat sasaran sehingga kualitas perencanaan dan keakuratan data menjadi hal yang utama.

"Melalui sosialisasi kerjasama dengan BPS HST ini nantinya bisa dijadikan rujukan bagi aparat desa dan kelurahan untuk menggali dan mengembangkan potensi yang ada pada desa di wilayah Kecamatan LAS," tegasnya.

Sementara itu, Plh Kasi Produksi BPS HST M Luthfy Rahman mengatakan, bahwa seluruh desa yang ada di Kecamatan LAS dari tahun  2014 hingga 2018 sangat meningkat kalau dilihat dari segi pembangunan.

"Hal ini memberikan gambaran bahwa dana desa yang dikelola sangat besar manfaatnya dan kenaikan tersebut dapat dilihat dari data yang ada," katanya.

Sedangkan Koordinator Statistik Kecamatan LAS M Aidi Noor mengungkapkan, infrastuktur di desa dan kelurahan di Kecamatan LAS juga berkembang signifikan dengan adanya dana desa.

"Terbukti salah satu hasil pendataan potensi desa (podes) BPS HST tahun 2018, tidak ada lagi desa yang memiliki kantor desa tidak layak, bahkan bangunannya sudah megah melebehi kantor kecamatan," ujarnya.

Baca juga: Video-Bawaslu lepas APK yang diikat di kayu dan tiang listrik
Baca juga: Berawal dari hobi melukis, warga HST sukses kembangkan usaha sasirangan
Baca juga: Durian Mantuala Buah surga dari HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019