Apa yang telah dilakukan oleh kepala desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara ini patut dijadikan contoh bagi para kepala desa lainnya.

Pasalnya,di akhir masa jabatannya  ia menyampaikan laporan pertanggungjawabannya secara terbuka dihadapan warganya.

"Laporan pertanggungjawaban kades swcara terbuka seperti inj mungkin yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Utara," ujar Camat Amuntai Selatan Khairus Salim.

Khairus Salim mengatakan, Kades simpang empat kecamatan Amuntai Selatan Joni Effendi menggelar acara laporan pertanggungjawaban dihalaman kantor kade atas inisiatifnya sendiri.
 
Warga menyimak laporan pertanggungjawaban kadesnya. (Eddy Abdillah)

"Tidak ada kewajiban menerima atau menolak laporan ini karena hanya bersifat laporan," katanya.

Khairussalim menjelaskan, sesuai Undang-Undang nomor 06 tahun 2014 tentang desa pasal 27 poin 7 hanya menyebutkan bahwa seorang kepala desa berkewajiban menyampaikan laporan pertanggungjawaban kepada bupati atau walikota.

"Jadi tidak ada kewajiban menggelar laporan pertanggung jawaban didepan warga seperti ini, " tandasnya.
 
Kades simpang empat Joni Effendi menyerahkan berkas laporan pertanggungjawaban kepada Camat amuntai selatan Khairussalim. (Eddy Abdillah)

Kades Joni dalam laporan pertanggung jawaban kepemimpinannya selama  periode 2013 -2019 memaprkan berbagai capaiab hasil pembangunan didepan warga, anggota BPD kades dan camat yang diundang berhadir.

Ia juga memberikan penghargaan kepada aparat, kader desa, anggota tim penggerak PKK desa, ketua RT dan tokoh masyarakat yang di anggap berjasa dalam kepemimpinannya.
 
Kades memberikan penghargaan kepada aparat, kader, anggota pkk desa, ketua RT dan tokoh masyarakat. (Eddy Abdillah)

Ia menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat desanya.

"Saya  mohon maaf jika selama kepemimpinan terdapat kesalahan,k ekhilafan dan kekurangan yang membuat warga merasa kecewa atau tidak puas," katanya
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019