Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry berharap para pengurus koperasi mampu membantu pelaku usaha mikro kecil (UMK) dalam meningkatkan usahanya sehingga lebih maju dan dikenal luas oleh konsumen baik di daerah maupun luar daerah.

Harapan tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri Hari Koperasi Nasional ke-72 di Gedung Olahraga M. Safie, Kecamatan Daha Selatan. Menurut dia  perkoperasian di Kabupaten HSS bisa terus maju dan berkembang.

"Pesan saya, koperasi harus bisa dirasakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat, selama ini masih mensejahterakan anggota, semakin pula memiliki kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat," katanya, saat memberikan sambutan.

Dijelaskan dia, berkaitan dengan produk UMK sudah sangat membanggakan, namun harus terus dikembangkan dengan menggunakan tekhnologi. Selain itu juga memperbaiki kemasan san mencantumkan nomor yang bisa dihubungi.
 

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS kembangkan batang kelapa menjadi furniture bernilai ekonomis tinggi

"Pemerintah akan terus membimbing para pengrajin dan membantu pemasarannya termasuk dengan menggunakan media online, memperluas konsumen dengan adanya jasa jual beli dan meningkatkan pendapatan kita dengan produk lokal," katanya.

Kepala Disnakerkop UKP HSS Sasmi Rifani, mengatakan pada peringatan ke-72 Hari Koperasi tahun ini, diadakan stand Gebyar Produk Usaha Mikro Kecil (UMK) dan juga stand pasar murah yang melayani masyarakat sekitar acara, diselenggarakan terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

Menurut dia, insan-insan koperasi agar bisa memajukan usahanya, bisa mensejahterakan anggota koperasi dan masyarakat sekitarnya karena adanya koperasi ini sebagai suku guru perekonomian di Indonesia.

"Produk UMK yang dipamerkan pada Gebyar Produk UMK hari ini adalah produk hasil olahan atau produksi UMK yang ada di HSS, dengan harapan adanya gebyar UMK ini produk-produk lebih dikenal di masyarakat luas, wilayah pemasaran dan peminatnya bisa meningkat," katanya.
 

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Sasmi : Tidak ada pengaduan perusahaan di HSS tidak membayar THR

Pelaku UMK Desa Jelatang, Kecamatan Padang Batung Wahidah, mengatakan sudah enam bulan ikut koperasi, dan selama ini telah ada partisipasi pemerintah daerah untuk menampilkan produk-produk, dan ada juga pelatihan yang diberikan kepada anggota koperasi.

Harapannya ikut koperasi selama ini adalah agar lebih maju dan pendapatan lebih bagus, dan sudah mulai dirasakannya, usahanya mengalami kemajuan dan penghasilannya mengalami peningkatan. dengan keikutsertaannya di koperasi serta mengikuti pelatihan-pelatihan yang diberikan pemerintah daerah.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Ketua TP PKK Kabupaten HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry, para kepala SKPD, para camat se Kabupaten HSS dan seluruh undangan dan warga yang berhadir.

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 tahun 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019