Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian (Disnakerkop UKP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menyelenggarakan pelatihan untuk mengembangkan bahan batang kelapa menjadi furniture bernilai ekonomis tinggi.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Senin (15/7), mengatakan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini yang diikuti 20 orang peserta.
 
"Ini sebagai penyemangat kami untuk membuka lapangan kerja di HSS, apalagi angkatan tenaga kerja di HSS terbilang tinggi," katanya, saat membuka pelatihan  mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry, di aula dinas setempat. 

Baca juga: Sasmi : Tidak ada pengaduan perusahaan di HSS tidak membayar THR

Dijelaskan dia, ini merupakan salah satu bagian dari misi dan visi Kabupaten HSS, dan harapan dia kegiatan sperti ini bisa menjadi bagian dari ikon di HSS karena sebagian besar batang kelapa di HSS terbawa keluar.

Dengan kegiatan ini nantinya warga bisa mengolahnya sendiri dan yang paling penting dari ini semua adalah pemasarannya agar Jangan sampai setelah menghasilkan, tetapi tidak ada pembelinya apalagi di HSS ini sumberdaya kelapa sangat berlimpah.

Kepala Bidang Industri Argo Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Hasanuddin, mengatakan kegiatan ini tujuannya memberikan pengetahuan, wawasan dan pengetahuan pada industri furniture untuk mampu berkreasi.

"Selama inikan pokok pohon kelapa kebanyakan hanya dimanfaatkan sekedarnya saja, seperti untuk jembatan, kayu rumah, nah kita ingin merubah pola pikir ini, agar pohon kelapa bisa dijadikan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi, otomatis harganya juga akan meningkat daripada dijual biasa," katanya.

Baca juga: Sasmi : Tidak ada pengaduan perusahaan di HSS tidak membayar THR

Pelatihan Furniture Berbasis Pohon Kelapa ini, akan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 15 sampai dengan 24 Juli 2019, dengan narasumber dan pelatih yang disediakan oleh Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel.

Turut berhadir, Kepala Disnakerkop UKP HSS H. Sasmi Rifani, adapun pelatihan kali ini bertajuk "Pelatihan furniture berbasis sumber daya lokal Pohon Kelapa", merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019