Desa Bangkal, Kecamatan Labuan Amas Selatan (LAS), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), dicanangkan menjadi salah satu wilayah Halaman Asri Tertib Indah dan NYAman (Hatinya) PKK dan akan mewakili HST di tingkat Provinsi Kalsel tahun 2020 mendatang.

Ketua PKK HST Hj Ernawati Chairansyah, Selasa (3/9), saat membuka pencanangan itu berpesan, agar seluruh komponen masyarakat serta Instansi terkait dapat saling kerjasama untuk dapat mewujudkan Hatinya PKK tidak hanya untuk lomba.

Baca juga: Bupati dan Ketua PKK HST promosikan produk unggulan di Kalsel Expo

Tetapi juga, untuk meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan dan keindahan bagi desa itu sendiri. "Kita juga harus mampu menunjukkan potensi alam dan SDM kita," himbaunya.

Desa Bangkal sendiri dipilih dengan pertimbangan potensi alam dan sumber daya manusianya.

Baca juga: Kudapan "Haruan Jamil Merona" mengantarkan PKK HST juara masak serba ikan

Menurut Penjabat Kepala Desa Bangkal, Syarkawi, Desa Bangkal mempunyai luas wilayah 3,4 km persegi dan berpenduduk 1500 orang dengan mata pencaharian bertani dan berkebun.

"Warga kami mempunyai banyak tanaman sayur-mayur dan toga, jadi sangat berpeluang sekali untuk membuat kebun menjadi lebih bermanfaat," katanya.

Baca juga: PKK LAU dan Haruyan juara lomba cipta menu dan masakan serba ikan

Tentunya, ujar Syarkawi, ini perlu didukung dengan pembinaan dari instansi terkait jajaran pemerintahan. Dia sangat berterimakasih desanya menjadi pilihan untuk pencanangan Hatinya PKK.

Sedangkan, Camat LAS M Afni Hidayat mengatakan, alam dan potensi yang ada di Desa Bangkal sangat mendukung untuk Hatinya PKK.

Baca juga: Ketua TP PKK HST Raih Pakarti Madya 1

"Kebun yang ada sebagai kebun miniatur bukan kebun percontohan, karena justru kebun tersebut merupakan hasil dari inisiatif dan potensi masyarakat, bahkan juga ada sampah yang bisa didaur ulang," katanya.

Camat juga berpesan agar apa yang sudah dilaksanakan jangan hanya merupakan harapan dan angan-angan, tetapi harus sama-sama bersinergi dan bergerak bersatu padu untuk mewujudkan apa yang telah dicanangkan.

Baca juga: Produk UP2K PKK Kenanga Birayang dipasarkan sampai Timur Tengah
Baca juga: Begini cara PLN UP3 Barabai peringati Hari Pelanggan Nasional
Baca juga: Polres HST minta do'a keselamatan TNI-POLRI yang bertugas di Papua
Baca juga: 10 KK yang rumah terbakar di HST butuh bantuan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019