Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Profesor Udiansyah siap memfasilitasi peningkatan mutu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan melalui program penjaminan PT.

“Berbicara tentang peningkatan mutu, kita harus bedah apa dasarnya," katanya di Banjarmasin Jumat.

Menurut dia, dasar peningkatan mutu PT adalah PD Dikti, PD Dikti merupakan dasar penjaminan mutu PT. Ini sesuai dengan UU 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan diturunkan dalam Permenristekdikti Nomor 61 tahun 20i6 pasal 18. 

"Oleh karena itu, saya harapkan PD Dikti harus menjadi perhatian dalam penyelenggaraan PT," katanya.

Selanjutnya adalah peningkatan mutu dapat dilihat dari Sistem Penjamin Mutu Internal (SPMI). 

SPMI harus dijalankan secara terus menerus, terstruktur dan dikembangkan. Kemudian yang ketiga ialah SPME, SPME adalah Sistem Penjamin Mutu Eksternal yang antara lain adalah Akreditasi.
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)


Sebelumnya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan, Prof Udiansyah serahkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) tentang Izin perubahan bentuk Akademi Keperawatan Intan Martapura menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Intan Martapura kepada Ketua Yayasan Banjar Insan Prestasi, Dr Taufik Arbain.

Surat Keputusan ini diserahkan di Aula Kampus STIKES Intan Martapura pada Senin, 1/7/2019 dan turut menyaksikan Pembina Yayasan Banjar Insan Prestasi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Nasrun Syah beserta civitas akademika Stikes Intan Martapura.

Diharapkan, perubahan bentuk Akademi Keperawatan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ini dapat membawa berkah bagi seluruh civitas akademik dan mahasiswa Stikes. 

“Semoga dengan perubahan bentuk ini, dapat membawa berkah bagi pengelola, civitas akademika dan mahasiswa. Diharapkan terus berkembang dan menjadi perguruan tinggi yang mempunyai mutu yang unggul,” harap Prof Udiansyah


Rangkaian acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di lokasi baru kampus Stikes Intan Martapura. Penanaman dimulai oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XI, kemudian dilanjutkan Ketua Yayasan Banjar Indah Prestasi, Pembina Yayasan Banjar Indah Prestasi dan Ketua Stikes Intan Martapura.

Turut hadir pada acara ini juga beberapa anggota pembina Yayasan Banjar Insan Prestasi dan Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah XI, Jamaluddin. Humas LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan/Muhammad Adie Karya


 

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019