Persiapan untuk membuka sejumlah Program Doktor (S3) baru di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) terus dimatangkan, salah satunya sudah menyatakan siap 100 persen adalah Fakultas Hukum.

"Dua profesor dan 25 doktor siap menyokong Program S3 Ilmu Hukum ULM nantinya. Sehingga dari segi SDM dosen kami sudah memenuhi," kata Dekan Fakultas Hukum ULM Prof Dr Abdul Halim Barkatullah di Banjarmasin, Rabu.

Untuk progres pengajuannya di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, ungkap Halim, sudah berproses setelah Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi menyampaikan proposal ke Kemenristekdikti.
Baca juga: Konsorsium PTN-KTI buat program strategis mengejar ketertinggalan

"Jadi kami sangat gembira sekali bahwa itu sudah berproses di Kementerian. Jadi tinggal sekarang di Fakultas Hukum kami mempersiapkan diri jika bisa dimulai perkuliahannya segera," jelasnya.

Selain kesiapan SDM dosen yang sudah terpenuhi, Halim juga membeberkan penataan ruang baca yang lebih representatif. Karena menurut dia, Program S3 merupakan tingkat studi tertinggi yang memerlukan penelitian-penelitian mendalam. Sehingga fasilitas pustaka juga harus berkualitas yang terstandar untuk studi Doktor.

Bak gayung bersambut, Fakultas Hukum ULM baru saja mendapatkan hibah lebih dari 10 ribu buku dari keluarga almarhum Dr Abdurahman SH MH, seorang hakim agung yang juga dosen Fakultas Hukum ULM.
Baca juga: Perkuat nilai kekeluargaan melalui temu Alumni Fisip ULM

"Alhamdulillah koleksi buku-buku almarhum luar biasa banyak khususnya buku berbahasa asing. Insya Allah September 2019 nanti kami lakukan peresmian Ruang Baca Dr Haji Abdurrahman SH MH yang jadi cikal bakal berdirinya ruang baca yang representatif bagi Fakultas Hukum yang menunjang S3," tandas guru besar Ilmu Hukum termuda di Kalsel ini.
Baca juga: ULM segera buka enam Program Doktor baru

Kemudian untuk saran prasarana lainnya juga terus dibenahi. Harapannya, saat izin operasi Program Doktor turun semua fasilitas yang ada baik di Fakultas Hukum dan Pascasarjana sudah siap menyelenggarakan perkuliahan.

Diketahui jika ULM yang sudah terakreditasi A berencana membuka sejumlah Program Studi Doktor yang kini sudah proses pengajuan proposal di Kemenristekdikti. Di antaranya Ilmu Lingkungan, Manajemen, Ilmu Hukum, Sosial Ekonomi Pertanian, Manajemen Pendidikan dan Kedokteran Kesehatan.  

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019