Pelaksanaan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dipastikan berjalan semarak dan meriah, pasalnya baik saat puncak kegiatan pada tanggal 29 Juni lusa maupun pada hari ini, Sabtu (27/7). Digelar beraneka macam gerakan dan penampilan serta pertunjukan yang melibatkan ribuan anak.

Seperti hari ini digelar Gerakan masyarakat Baca buku (Germas Baku) yang langsung dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Ibu Hj Ernawati Chairansyah di lapangan Dwi Warna Barabai.

Baca juga: Sembilan wisata alam kekinian di HST yang menarik dikunjungi bersama keluarga
Baca juga: Video-Meriahnya tradisi warga Binjai Pemangkih membuka sumur menangkap ikan

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat, terlebih yang dimulai sejak usia dini," ujar kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah HST, Mardiono.

Kabag Humas Setda HST, M Ramadlan menambahkan, berdasarkan jadwal acara yang disampaikan oleh panitia pelaksana, pada Minggu (28/7) terdapat empat kegiatan menarik untuk disaksikan bersama keluarga diantaranya fashion show profesi baju adat, lomba drumband tingkat TK, SD, MI dan gerakan kurangai penggunaan plastik untuk lingkungan yang lebih terjaga.

Baca juga: Polres HST tangkap dua pengangkut bensin tanpa izin
Baca juga: HST kampanyekan "Save Meratus" pada pertemuan nasional bubuhan Banjar

"Termasuk juga acara Karnaval Gebyar Nusantara yang akan dilepas langsung oleh Bupati HST, H A Chairansyah dan Bunda Paud Hj Ernawati," ujar pria yang akrab di panggil Om Madan.

Ditambahkannya, bahwa puncak pelaksanaan acara pada Senin (29/7) di lapangan Dwi Warna, selain akan dirangkai dengan acara seremonial seperti penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA), juga diisi dengan beragam penampilan dan atraksi anak-anak.

Baca juga: Ketua TP PKK HST Raih Pakarti Madya 1
Baca juga: Apam Barabai dan Batandik pukau para Duta Besar

Yaitu berupa drumband SD/MI, gerakan cuci tangan dan dokter kecil, senam Germas/gemar makan sayur dan buah, atraksi polisi cilik, senam genre PIK remaja serta drumband SLTA.

"Ayo ajak anak-anak dan keluarga kita berhadir dan menyaksikan aneka penampilan memeriahkan Hari Anak Nasional tahun 2019 ini, jangan dilewatkan demi anak-anak kita yang sehat, ceria dan berprestasi," kata Madan seraya menyebutkan bahwa tema HAN tahun ini adalah "Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak".

Peringatan HAN 2019 di Kabupaten HST (Antaranews Kalsel/M. Taupik Rahman)

Baca juga: PKK Pusat verifikasi lapangan UP2K PKK Kenanga Birayang
Baca juga: Produk UP2K PKK Kenanga Birayang dipasarkan sampai Timur Tengah

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019