Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dapat dikatakan surganya Kalimantan Selatan dengan berpuluh-puluh objek wisata alam yang bisa anda nikmati dan rasakan keindahannya.

Tak dapat dipungkiri, alam pegunungan Meratus yang begitu indah dengan sungai-sungai jernih di bawahnya, menjadi daya tarik untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Sekedar melepas penat dan juga berlibur menghilangkan stres selama seminggu bekerja.

Disamping itu, komitmen warganya dan Pemerintah yang menolak adanya pertambangan batu bara dan perkebunan sawit, membuat alam di Kabupaten HST masih terjaga dan alami. Udaranya masih segar dan hawa yang sejuk, dapat memberikan semangat anda dalam melanjutkan aktivitas sehari-hari.

Baca juga: HST kampanyekan "Save Meratus" pada pertemuan nasional bubuhan Banjar

Berikut 9 objek wisata alam kekinian yang bisa anda kunjungi bersama keluarga:

1. Riam Bajandik
 

Objek wisata Riam Bajandik di Desa Baru (Antaranews Kalsel/instagram madan_leww)


Riam Bajandik terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, jaraknya kurang lebih 9 km dari Kota Barabai dan bisa ditempuh dengan mudah menggunakan mobil maupun motor.

Disamping menawarkan keindahan alam pegunungan dan sungainya, objek wisata itu juga menyediakan spot-spot foto yang menarik. Anda juga bisa membawa bekal atau masak-masak bersama teman atau keluarga anda sambil bersuka ria mandi di sungainya yang terbilang jernih.

Objek wisata ini juga sangat dijaga kebersihannya dan pengelola juga menyediakan kamar ganti dan WC serta beraneka ragam permainan air untuk anak-anak.

2. Pulau Mas
 

Objek wisata Pulau Mas (Antaranews Kalsel/instagram rea_khico)


Objek wisata ini terletak hanya sekitar 1 km dari Riam Bajandik, sama-sama berlokasi di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa. keindahan yang ditawarkan kurang lebih sama, dan setiap minggunya juga dihibur dengan beragam musik untuk para pengunjung, di lokasi itu anda juga bisa menaiki jukung untuk menyusuri sepanjang sungai.

Spot-spot fotonya pun tidak kalah menarik untuk diabadikan dan ke lokasi sana anda cukup membayar biaya tiket parkir mobil atau motor saja. Pengunjungnya juga hampir puluhan ribu tiap minggunya.

3. Gua Limbuhang
 

Objek wisata Gua Limbuhang (Antaranews Kalsel/instagram rafsanjani1990)


Wisata ini terletak di Desa Haliau Kecamatan Batu Benawa, atau sekitar 3 km sebelum objek wisata Riam Bajandik. Objek wisata ini menawarkan Keindahan gua berair di sebuah danau yang begitu eksotis dan spot foto yang berbeda dengan objek wisata lainnya.

Sekarang ini, objek wisata itu juga menyediakan kolam renang yang bisa anda nikmati bersama anak-anak dan keluarga.

4. Baruh Bunga
 

Waterpark Barung Bunga (Antaranews Kalsel/instagram sadon29)


Objek wisata ini tergolong lebih dulu dibandingkan 3 objek wisata di atas dan lokasinya hampir berdampingan dengan Gua Limbuhang. Baruh Bunga menawarkan wisata yang lebih modern yaitu menyediakan fasilitas waterpark dan beberapa kolam bermain anak.

Disamping itu, biasanya juga dijadikan lokasi camping, karena tersedia lapangan yang begitu luas dengan sarana yang lengkap seperti Mushalla, gazebo, tempat menginap, aula pertemuan, wc dan kamar ganti.

Selain itu juga terdapat fasilitas oubond seperti flying fox mini, hing rope bamboo, hing rope monkey, wall climbing jembatan tali, arung jeram, dan lain-lain.

5. Manggasang
 

Objek wisata Manggasang (Antaranews Kalsel/instagram ayuutami.28)


Objek wisata di belakang rumah warga ini terletak di Kecamatan Batu Benawa dan menjadi perbatasan dengan Kecamatan Hantakan. Dulunya merupakan tempat persinggahan untuk mencuci mobil atau motor. Karena kendaraan bisa langsung turun ke dekat sungai.

Seiring waktu, pengelola Manggasang ini terus berbenah dan dijadikan objek wisata yang sangat menarik untuk mandi atau berendam, di samping airnya yang dingin dan jernih sumber dari arus pengunungan meratus, spot berswafoto juga menarik dan indah.

Baca juga: Peternak menunggu destinasi wisata susur rawa

6. Bendung Batang Alai
 

Bendung Batang Alai (Antaranews Kalsel/instagram uzie_barzeck)


Bendung Batang Alai atau Sakutang terletak di desa Labuhan, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), sekitar 14 km dari kota Barabai. Bendungan jaringan irigasi ini di desain menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi masyarakat.

Menawarkan keindahan bendungan yang berada di kaki pegunungan Meratus. Disamping itu, fasilitasnya juga lengkap, seperti kamar ganti, wc, gazebo dan mushalla.

7. Desa Nateh
 

Desa Nateh (Antaranews Kalsel/instagram donnysophandi)


Desa Nateh terletak di Kecamatan Batang Alai Timur ( BAT), sekitar 35 km dari kota Barabai. Di pinggir kiri kanan jalan desa tersebut terdapat dinding-dinding gunung dan perbukitan karts yang begitu indah.

Keindahannya Nateh juga sudah banyak diabadikan para fotografer nasional karena pesona alamnya yang begitu indah. Sebelumnya, di Desa Nateh ini juga terdapat wisata arung jeram susur sungai Batang Alai menggunakan perahu karet.

8. Kampung Bambu
 

Objek wisata Kampung Bambu/Benteng Bambu di Desa Tandilang (Antaranews Kalsel/instagram rafsanjani1990)


Objek wisata ini tergolong baru dan terletak di Desa Tandilang, Kecamatan Batang Alai Timur (BAT). Disamping menawarkan keindahan pegunungan Meratus, di Kampung Bambu juga terdapat kolam pemancingan ikan dan bisa langsung memasaknya disana.

Selain itu, ada pula areal perkebunan sayur dan buah-buahan dengan disediakan gazebo di tepi-tepi bukit dan spot-spot foto yang menarik seperti spot kapal di tepi gunung,  ayunan langit, kedai angin hingga hammock untuk berbaring di pinggir bukit.

9. Pulau Lampam

Objek wisata Pulau Lampam (Antaranews Kalsel/Facebook Abdurrahman Al Banjari)


Wisata yang baru beberapa bulan dibuka ini sudah mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah di Kalsel, lokasinya di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa.

Wisata ini juga cocok untuk anda dan keluarga yang ingin menikmati panorama alam yang indah dan menawan dan spot-spot foto yang tak kalah indahnya. Juga ada perahu kayak warna-warni yang bisa anda naiki menyusuri sungai.

Disamping 9 objek wisata itu, masih banyak lagi wisata-wisata lain yang bisa anda kunjungi di Kabupaten HST. Namun itulah yang saat ini lagi viral dan banyak dikunjungi warga dari berbagai daerah. Jadi tunggu apa lagi, ayo berwisata ke Hulu Sungai Tengah bersama keluarga anda dan nikmati pesona alamnya yang begitu indah.

Baca juga: Warga Awang ditangkap polisi karena membawa senjata tajam
Baca juga: Ketua TP PKK HST Raih Pakarti Madya 1
Baca juga: Gara gara bawa BBM tanpa izin, dua warga ditangkap polisi
Baca juga: Video-Meriahnya tradisi warga Binjai Pemangkih membuka sumur menangkap ikan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019