Kamis, 17 Agustus 2017

Pondokan Haji Embarkasi Banjarmasin Mekkah Enam Wilayah

id haji
Pondokan Haji Embarkasi Banjarmasin Mekkah Enam Wilayah
. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)
Hanya satu kloter di Misfalah yang jaraknya tidak sampai dua kilometer dan satunya lagi di Masbas Jin yang sama juga jaraknya tidak sampai dua kilometer,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan mengumumkan pemondokan jamaah haji lewat Embarkasi Banjarmasin saat di tanah suci Makkah pada tahun 2017 ini berada di enam wilayah.

Enam wilayah tersebut yakni, di daerah Jarwal, Syisyah, Raudhah, Aziziah, Misfalah dan Masbas Jin, kata Kabid Pengelolaan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kalsel H Raihan Ridho di Banjarmasin, Jumat.

Ketentuan tersebut berdasarkan hasil qur`ah atau pengundian letak pemondokan jamaah haji Embarkasi Banjarmasin di tanah suci Makkah pada keberangkatan ibadah haji tahun 2017 ini.

Hasil qur`ah pemondokan jamaah haji Indonesia wilayah Mekkah 1438 Hijriah atau 2017 yang dibahas Kementerian Agama pada 11-13 Juni 2017 di Hotel Mircure Jakarta.

Diungkapkan dia, sesuai hasil qur`ah ada lima kloter yang akan menempati pemondokan di wilayah Jarwal yang jaraknya dari Masjidil Haram sekitar dua kilometer, sementara itu empat kloter di Syisyah yang jaraknya hampir tiga kilometer.

Menurut Raihan, tiga kloter lainnya di wilayah Raudhah yang jaraknya sekitar tiga kilometer lebih, demikian juga tiga kloter lagi di wilayah Aziziah yang jaraknya sekitar 3,5 kilometer.

"Hanya satu kloter di Misfalah yang jaraknya tidak sampai dua kilometer dan satunya lagi di Masbas Jin yang sama juga jaraknya tidak sampai dua kilometer," paparnya.

Raihan menuturkan, untuk rincian masing-masing kloter sesuai pemondokannya sebagai berikut: kloter 01 di Jarwal, kloter 02 Jarwal, Kloter 03 di Raudhah, Kloter 04 di Syisyah, Kloter 05 di Jarwal, Kloter 06 Aziziah, Kloter 07 di Raudhah, Kloter 08 Misfalah.

Selanjutnya Kloter 09 di Masbas Jin, Kloter 10 di Syisyah, Kloter 11 di Aziziah, Kloter 12 di Raudhah, Kloter 13 di Syisyah, Kloter 14 di Syisyah, Kloter 15 di Jarwal, Kloter 16 di Jarwal dan Kloter 17 di Aziziah.

Sebagaimana diketahui, kata dia, dari 17 kloter yang akan berangkat di Embarkasi Banjarmasin ini sebanyak 11 kloter full jamaah haji Kalsel dan lima kloter full jamaah haji Kalimantan Tengah (Kalteng), satu kloter lagi gabungan jamaah haji Kalsel-Kalteng.

"Jamaah haji kalsel full berangkat itu dari Kloter 1-7, dari Kloter 8-12 full jamaah haji Kalteng, kloter 13 gabungan Kalsel-Kalteng, Kloter 14-17 full jamaah haji asal Kalsel," terangnya.

Sesuai kuotanya, khusus jamaah haji Kalsel sebanyak 3.831 orang, di mana sekarang ini sudah semuanya melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH).

Menurut dia, karena keberangkatan haji sudah mulai dekat, di harapkan semua jamaah untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohaninya, sebab akan melaksanakan ibadah rukun islam yang ke-5 ini cukup berat.

"Apalagi sebagian besar jamaah haji daerah kita ini belum pernah ke Makkah dan Madinah, sehingga akan rawan sakit di negeri padang pasir itu," paparnya.

Raihan pun menyatakan, saat ini proses keberangkatan haji tahun 2017 ini sedang menyelesaikan pembuatan visa, di mana sudah lebih 50 persen selesai.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga