Selasa, 26 September 2017

Barito Menang Atas Persiba

id barito, kalsel
Barito Menang Atas Persiba
Pemain Barito Putra rayakan kemenangan atas Persiba Balikpapan. (Antara/herry Murdy)
Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews.Kalsel) - Barito Putera kembali meraih kemenangan kandang atas tamunya Persiba dengan skor 1-0 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Demang Lehman Martapura Kalimantan Selatan, Minggu malam.

Satu-satunya gol kemenangan tim berjuluk laskar Antasari sekaligus kemenangan balasan atas kekalahan pada pertandingan putaran pertama di kandang Persiba dicetak Amirul Mukminin pada babak pertama menit ke-14.

Meski meraih angka penuh pada pertandingan kandang yang berakhir pukul 22.00 Wita namun tidak mendongkrak posisi Barito dari klasemen sementara Liga Super Indonesia yakni peringkat 6 dengan poin 37.

Pertandingan yang dipimpin wasit Iwan Sukoco berlangsung menarik karena kedua tim menampilkan permainan dalam tempo tinggi melalui serangan yang dibangun dari kaki ke kaki maupun umpan-umpan panjang yang terukur.

Menit ke-10 Persiba memiliki peluang emas melalui kaki kapten tim Patrick Nzekou yang melakukan tendangan bebas di luar kotak 16 namun tendangan kerasnya hanya membentur mistar gawang Barito yang dikawal Aditya Harlan.

Berselang empat menit kemudian, tuan rumah justru unggul melalui gol yang dicetak Amirul Mukminin dari sundulan kepala di depan gawang Persiba yang dijaga Wawan setelah menerima umpan lambung dari Dedi Hartono.

Unggul satu gol tidak membuat anak-anak asuhan Salahuddin menurunkan tempo serangan, sebaliknya semakin mengancam jantung pertahanan Persiba yang dikawal dua pemain belakang yakni pemain asal Mali Edu dan Yudi.

Peluang emas kembali diperoleh Barito melalui Coulibaly Djibril menit ke-19 namun tendangannya ke gawang yang sudah kosong setelah kiper Wawan terjatuh menyambut bola berhasil ditahan salah satu pemain Persiba.

Setelah peluang emas itu, tidak ada lagi peluang yang diciptakan Barito maupun Persiba sehingga kedudukan tidak berubah 1-0 untuk keunggulan tim Laskar Antasari hingga wasit meniup pluit babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, kedua tim yang berambisi meraih poin penuh atas lawannya, sama-sama meningkatkan tempo serangan namun tidak satu pun peluang yang mengancam gawang lawan dan membuahkan gol.

Menit ke-60 Coulibaly Djibril yang lepas dari pengawalan berhasil menggiring bola ke gawang Persiba namun bola berhasil dihalau kiper Wawan tetapi kembali terlepas dan bolanya berhasil di tendang Djibril.

Namun sayang, bola tendangan Djibril yang sudah mengarah ke gawang kosong berhasil dihalau salah satu pemain belakang Persiba sehingga hanya menghasilkan sepak pojok yang akhirnya tidak membuahkan gol.

Selanjutnya, kedua tim melakukan pergantian pemain seperti Barito yang memasukan Okto Maniani menggantikan Amirul dan menarik Djibril digantikan striker Yongky Ariwibowo dan Persiba yang juga mengganti dua pemainnya.

Pergantian pemain itu tidak membuahkan tambahan gol bagi kedua tim dan hingga wasit meniup pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan tetap 1-0 atas keunggulan Barito yang dua pemainnya kena kartu kuning.

Pelatih Barito Putera Salahuddin mengatakan, pihaknya bersyukur atas kemenangan yang diraih timnya meski pun tidak berhasil mencetak lebih dari satu gol seperti pada pertandingan kandang sebelumnya.

"Kami cukup puas atas kemenangan ini meski pun hanya satu gol apalagi anak-anak sudah bermain maksimal dan menjalankan instruksi sehingga bisa mempertahankan keunggulan hingga pertandingan berakhir," katanya. 

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Baca Juga