Kandangan,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS)  H Achmad Fikry membuka workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa dengan aplimasi Siskeudes versi 2.0, workshop menghadirkan empat narasumber bertempat di Pendopo Kabupaten.

Ia mengatakan,  sangat bersyukur karena BPKP selama ini terus mengawal pengelolaan dana desa dengan berbagai aplikasinya, pemerintah daerah selama ini terus mengarahkan agar para kepala desa dan perangkat desa betul betul mengelola dana desa dengan sebaik baiknya melalui para camat.

"Kita ingin menunjukkan ke pemerintah pusat, bahwa kita siap selalu mengelola dengan baik, salah satu indikatornya adalah jangan sampai terjadi persoalan persoalan kepala desa dan aparat yang bersentuhan dengan hukum, " katanya, saat memberikan sambutan, Selasa (26/2).
 
Sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: BPK Kalsel salut kesiapan dan sikap kooperatif Pemkab HSS

Selain workshop yang dilaksanakan, Bupati HSS juga berharap agar terus dilakukan pendampingan oleh BPKP agar pengelolaan dana desa ke depan bisa lebih baik, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Usai dilakukan dibuka, workshop dipandu Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, dengan empat narasumber yang terdiri dari Syaiful Rasyid selaku Anggota Komisi XI DPR RI, yang dalam kesempatan ini menguraikan tentang Implimentasi Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 untuk kesejahteraan Rakyat.

Narasumber kedua, Suherman selaku perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Selatan, memaparkan tentang kebijakan dan fokus pemeriksaan keuangan daerah dan desa, narasumber ketiga M.Mochdori perwakilan dari Ditreskrim Polda Kalsel, memaparkan tentang peran Polri dalam mengawal pembangunan desa.
 
Workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: BPK RI segera lakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemkab HSS

Sedangkan narasumber yang keempat, Salamat Simanulang yang merupakan perwakilan dari BPKP Provinsi Kalsel, yang memaparkan tentang pengawalan dan pengelolaan keuangan dengan Siskeudes. Kegiatan juga diisi dengan dialog antara para kepala desa dan para narasumber.

Turut berhadir,  Penjabat Sekretaris Daerah HSS H.Hubriansyah, para staf ahli, para asisten dan para kepala SKPD, para camat, kepala desa dan perangkat desa se Kabupaten HSS.
 
Workshop evaluasi sistem tata kelola keuangan desa (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019