Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di bawah kepemimpinan Plt Bupati H A Chairansyah menyatakan tetap komitmen menjalankan amanah Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) berbasis lingkungan dan tidak akan merusak alam.

"Sejak kepemimpinan kami bersama Bapak Latif dan janji kampanye saat Pilkada dulu, pembangunan yang kami canangkan tidak akan merusak alam dan tidak akan melakukan pertambangan batubara serta perkebunan sawit. Sekarang dengan sisa kepemimpinan yang kita teruskan akan lebih mengupayakan dukungan dan pembangunan di sektor pariwisata," kata Chairansyah saat diwawancarai di kantornya, Kamis (10/1).

Menurutnya tahun 2019 ini pihaknya juga akan gencar mempromosikan dan mengembangkan sektor pariwisata di wilayah pegunungan Meratus agar masyarakat Indonesia melihat betapa indahnya pesona alam di HST yang masih perawan tanpa tersentuh pertambangan batubara.

"Kita lihat bersama, wisata-wisata di HST baik yang dikelola perorangan, Pemerintahan Desa maupun pemerintah daerah selalu ramai di kunjungi oleh warga dan masyarakat luas di Kalsel pada akhir pekan," kata Chairansyah.

Hal ini menjadi potensi yang sangat strategis untuk kita kembangkan untuk meningkatkan pendapatan warga sekitar melalui sektor pariwisata.

Diterangkan Chairansyah, upaya masyarakat HST menjaga lingkungan dengan tidak merusak alam juga mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara.

"Penghargaan ini merupakan bentuk dukungan dan apresiasi terhadap kerja keras kita bersama warga Bumi Murakata  yang selama ini berkomitmen menjaga lingkungan dengan menolak adanya ekploitasi batu bara dan perkebunan sawit," katanya.

Baca juga: BNN datangi kantor Bupati HST
Baca juga: Chairansyah "Mbah Marijan" Penjaga Meratus
Baca juga: LKBN Antara berikan penghargaan kepada Plt Bupati HST yang peduli Meratus

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019